KucingMu.Com

Pusat Informasi Cara Merawat Kucing

Menu

5 Penyebab Kucing Marah Tiba Tiba Galak Dan Cara Menanganinya

November 24, 2016 | Perawatan Kucing, Tip dan Trik

Penyebab Kucing Marah Tiba Tiba Galak kadang susah dipahami. Kucing memang hewan peliharaan yang sangat lucu dan asyik untuk diajak main.Kucing dapat mencairkan suasana keluarga dan aman untuk bermain bersama kucing.Tapi bagaimana jika suatu saat kucing yang lucu berubah sikap menjadi galak,nakal dan juga agresif.Kucing yang tiba-tiba sikapnya berubah menjadi nakal dan galak biasanya ada beberapa sebab.Misalnya karena keturunan dari indukan yang galak dan mengasuhnya dari kecil.Indukan yang memiliki sifat temperamental akan membuat hal tersebut menurun ke anak yang di asuhnya.Hal ini perlu untuk diperhatikan ketika anda akan mengadopsi kucing,sebaiknya anda mengadopsi kucing sejak bayi agar sifat temperamental dari indukannya tidak akan menular dan dapat diantisipasi.

Selain karena keturunan,kucing yang galak dan agresif juga bisa disebabkan karena ada rasa yang tidak enak pada kucing tersebut.Rasa tidak enak tersebut membuat kucing anda menjadi tidak nyaman sehingga kucing akan agresif dan dapat membahayakan keselamatan anda.Karena kucing yang sedang agresif dapat melukai anda dengan cakaran ataupun gigitan.Jika tangan anda terkena gigitan kucing,segeralah di cuci dengan air dan sabun atau dapat juga menggunakan antiseptik agar luka tidak menyebabkan infeksi.Hal ini sangat penting karena di dalam mulut kucing ada banyak sekali kuman Bartonella Hensalae. Kuman tersebut dapat menyebabkan infeksi pada bekas gigitan kucing. Makanya Sahabat KucingMu.Com wajib Tahu Apa Saja Masalah kegalakan Kucing anda

5 Penyebab Kucing Marah Tiba Tiba Galak Agresif Dan Cara Menanganinya

Dibawah ini ada beberapa cara yang digunakan untuk menangani kucing yang agresif dan galak.

Andry Cat - 5 Penyebab Kucing Marah Tiba Tiba Galak Agresif Dan Cara Menanganinya Dengan Baik dan Benar

1. Periksalah Kondisi Kucing

Lihatlah kondisi fisik kucing anda.Apakah ada luka atau cedera.Kucing dapat berubah sikapnya jika tubuhnya mengalami luka atau cidera.Jika pada tubuh kucing anda ditemukan luka atau cidera,segeralah bantu kucing dengan pelan-pelan dan biarkan untuk tenang dulu.Jangan lakukan gerakan-gerakan yang membuat kucing terudik dan anda sebaiknya duduk disamping kucing sambil melihat kondisi fisik kucing.Jika kucing sudah terlihat tenang anda dapat memulainya dengan memberikan sentuhan tapi pelan-pelan saja jangan sampai mengangkat kucing hingga melebihi atas kepalanya.Berikanlah sentuhan berupa usapan pada bagian leher dan belakang telinga.Jika kucing anda terlihat sudah lebih tenang anda dapat menyentuh bagian atas diantara kedua matanya.

2. Kucing Merasa Ketakutan

Rasa ketakutan yang berlebihan akan membuat kucing anda berubah sikap menjadi galak dan agresif secara tiba-tiba.Cara mengatasinya yaitu dengan jauhkan dulu kucing anda dengan penghuni rumah ataupun orang asing yang baru datang.Tenangkanlah kucing anda terlebih dahulu sehingga si empus bisa mengutarakan apa yang membuatnya tidak nyaman.

3. Bermain Sampai Memicu Perkelahian

Bermain yang akhirnya membuat awal mula terjadinya perkelahian adalah hal yang biasa.Hal ini bisa terjadi ketika bermain sesama kucing maupun dengan pemiliknya.Jika terjadi masalah seperti ini sebaiknya anda menjauh terlebih dahulu agar tidak terkena serangan yang berupa cakaran atau gigitan kucing yang sedang agresif.

4. Melihat Hewan Kecil

Kucing ditakdirkan menjadi hewan karnivora yang tabiatnya memburu mangsanya.Sehingga kucing akan sangat suka ketika melihat hewan kecil seperti cicak,tikus hingga anak kucing yang baru lahir.Jika dirumah anda ada kucing yang baru lahir,sebaiknya disingkirkan terlebih dahulu hingga berumur satu bulan,jangan biarkan kucing jantan melihat anakan kucing tersebut.Tapi jika anda berniat untuk mengenalkan anak-anak kucing,sebaiknya kenalkan dari dalam kandang saja dan tetap berada di pengawasan induknya dan kucing jantan berada di luar kandang saja.Tapi jika kucing betina tidak suka melihat kehadiran kucing jantan,sebaiknya lakukan hal ini di kesempatan berikutnya saja.Hal ini juga dapat anda lakukan pada kucing jantan yang lain meskipun bukan induknya.

5. Perilaku Mengigit

Kucing yang suka mengigit biasanya dilakukan pada kucing yang sedang agresif.Sehingga,sentuhlak kucing anda ketika ia sedang tidak sibuak dan memperhatikan selain anda. Dekatilah kucing ketika kucing sedang mengantuk,dan jangan dekati kucing ketika sedang marah,waspada maupun penasaran.

Demikian tulisan mengenai penyebab dan cara menangani kucing yang galak dan agresif.Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Info Selain 5 Penyebab Kucing Marah Tiba Tiba Galak Dan Cara Menanganinya

kucing tiba tiba galak,kucing marah,kenapa kucing betina jadi galak,Cara mengatasi kucing galak,kenapa kucing tiba tiba marah,mengatasi kucing galak,tanda kucing marah,ciri ciri kucing marah,penyebab kucing galak,cara mengatasi kucing yang galak