KucingMu.Com

Pusat Informasi Cara Merawat Kucing

Menu

7 Cara Merawat Bulu Kucing Siam dan Memanjangkan Dengan Cepat

November 5, 2016 | Kucing Siamese

Tips Merawat Bulu Kucing Siam – Kucing siam memiliki ciri khas yang terletak bulunya yang berwarna putih kecokelatan cenderung cerah di sekujur tubuhnya. Berbanding terbalik dengan warna bulu yang ada di ujung tubuh dan di wajah kucing siam yang lebih gelap. Yang membedakan kucing siam dengan kucing ras jenis lainnya adalah pada warna bulunya yang akan semakin gelap ketika kucing diam bertambah dewasa.

Kucing siam merupakan kucing dengan bulu pendek sehingga akan lebih mudah dalam perawatannya. Anda tidak perlu terlalu sering memandikannya, cukup dengan menyisir rambut kucing siam secara rutin. Jika Anda memilihara kucing siam, Anda harus memahami cara merawat kucing siam dengan baik dan benar. Ini semata – mata untuk menjaga kesehatan dan juga penampilan kucing Anda. Pada kesempatan ini kami akan membagikan tips yang akan sangat berguna untuk Anda yang memelihara kucing siam, yaitu tips dalam merawat bulu kucing siam.

7 Cara Merawat Bulu Kucing Siam dan Memanjangkan Dengan Cepat

Untuk mengobati rasa penasaran Anda, oke langsung saja kita meluncur ke tips merawat bulu kucing siam.

7 Cara Merawat Bulu Kucing Siam dan Memanjangkan Dengan Cepat Lembut dan Wangi

1. Sisir Bulu Kucing Siamese dengan Lembut

Hal yang paling utama saat melakukan perawatan terhadap bulu kucing siam adalah membuatnya merasa nyaman. Jika kucing siam sudah nyaman, dia akan mudah untuk dikendalikan dan Anda sebaagai pemilik akan dengan mudah melakukan langkah – langkah perawatan.

Untuk membuat kucing siam merasa nyaman sebenarnya sangat mudah, sisir bulunya dengan pelan dan lembut. Sisir seluruh bulu yang ada pada tubuh kucing siam. Biarkan ada bulu – bulu yang berjatuhan, bulu yang berjatuhan merupakan bulu yang sudah mati dan memang harus dibuang.

2. Rapikan Bulu Kucing Siam dengan Tangan

Kenyamanan kucing berbeda – beda, jika kucing Anda tidak nyaman jika bulu – bulunya dirapikan dengan sisir, Anda masih memiliki alternatif lainnya, yaitu menggunakan tangan Anda. Beberapa kucing siam akan lebih nyaman jika bulunya dirapikan dengan tangan pemiliknya secara langsung.

Cara untuk merapikan bulu kucing siam menggunakan tangan sangatlah mudah. Pertama Anda cuci tangan Anda dengan sabun hingga bersih, lap tangan Anda menggunakan kain, tapi jangan terlalu kering dan biarkan tetap lembap. Gunakan telapak tangan Anda yang lembap ini untuk merapikan bulu kucing siam. Bulu – bulu yang mati dan rontok akan menempel pada tangan Anda yang lembap tadi.

Jika sudah selesai merapikan bulu kucing siam, cuci tangan Anda menggunakan sabun lagi hingga bersih kemudian keringkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kuman dan bakteri yang mungkin saja menempel pada tangan Anda.

3. Bersihkan Mata Kucing Siam dari Kotoran

Saat Anda merapikan bulu kucing baik dengan menggunakan sisir maupun langsung menggunakan tangan Anda, Anda tidak boleh melupakan bagian penting dari kucing siam yang harus dibersihkan. Bagian yang tidak boleh terlewat adalah bagian sudut mata yang biasanya dihiasi oleh kotoran.

Mudah sekali untuk membersihkan bagian ini, namun Anda harus berhati – hati agar tidak melukai mata kucing siam. Gunakan tangan kiri Anda untuk menahan posisi kucing siam supaya tidak berpindah atau bergerak – gerak. Kemudian tangan kanan Anda membersihkan kotoran yang ada di sudut mata kucing siam.

Lakukan hal ini dengan lembut dan tanpa memaksa, supaya kucing siam Anda terbiasa dengan pembersihan ini. Jangan lupa untuk mencuci tangan Anda setelah membersihkan kotoran di mata kucing siam.

4. Potong Kuku Kucing Siam

Tidak hanya manusia loh yang perlu memotong kuku, kucing siam yang lucu dan menggemaskan juga perlu menggunting kukunya. Tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan terjadinya cedera dan luka akibat kuku yang panjang.

Untuk memotong kuku kucing, Anda harus berhati – hati karena ada pembuluh vena yang ada di belakang kuku kucing. Anda bisa memanfaatkan gunting kuku yang biasa Anda gunakan untuk memotong kuku kucing siam. Jangan sampai pembuluh vena yang letaknya di belakang kuku terpotong.

Potong sedikit saja bagian ujung kuku kucing siam, kemudian gunakan kikir untuk mengahaluskan permukaan kuku yang telah dipotong tadi.

5. Bersihkan Bagian Dalam Telinga

Kucing siam dapat membersihkan seluruh tubuhnya dengan jilatan – jilatan. Namun tahukah Anda bahwa semua jenis kucing tidak dapat mengangkau bagian dalam telinganya sendiri? Nah, untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan pembersihan pada bagian dalam telingan kucing siam.

Anda harus berhati – hari ya jangan sampai kucing siam Anda terluka atau iritasi. Gunakan kapas kemudian gosokkan secara lembut dan pelan pada bagian dalam telinga kucing siam hingga bersih dari kotoran dan debu.

6. Gunakan Shampo Khusus Kucing

Penting Bagi Sahabat KucingMu.Com  Memilih Shampo Khusus Kucing Agar Kesehatan Dan Keindahan Bulu Kucing Siamese ini Tetap Terjaga

7. Lakukan Perawatan Rutin

Untuk Mendapatkan Kelembutan Bulu Yang Baik Silakan Lakukan Perawatan Secara Berkala. Itulah 7 tips mudah dan sederhana dalam merawat bulu kucing siam. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat membawa manfaat serta pengaruh yang positif untuk Anda. Sekian.

Info Selain 7 Cara Merawat Bulu Kucing Siam dan Memanjangkan Dengan Cepat

cara memanjangkan bulu kucing dengan cepat,cara memelihara kucing siam,makanan kucing siam,merawat kucing siam,cara melebatkan bulu kucing siem,cara memandikan kucing siam,cara merawat bulu kucing siam,supaya bulu kucing wangi,penjagaan kucing siam,tips memelihara kucing siam