Cara Membantu Kucing Melahirkan

Cara membantu kucing melahirkan baik yang normal maupun yang sungsang pertama Kali itu Tidak Mudah apalagi kalau misalkan sahabat KucingMu.com Belum Pernah melihat susahnya melahirkan, Memahami Apa saja tanda tanda kucing melahirkan, kalau melahirkan berapa bulan dan lainya menjadikan proses ini memang diperlukan pembelajaran yang rutin.

Lalu Sebenarnya bagaimana cara membantu kucing proses kelahiran anak meong Yang baik dan Benar ? Adakah Panduan Lengkap cara membantu si meong Agar kitten Tetap Selamat Sampai Besar ? Tenang Saja Kami Menyediakan Video Bagaimana Cara Membantu Kucing Melahirkan Sungsang Pertama Kali Di Rumah Walaupun Memiliki Pertanda Susah / Sulit Beranak. Yuk Simak Penjelasanya Dibawah ini

Kucing Berkembang biak dengan cara melahirkan sama seperti dengan Mamalia pada umumnya. Masa kehamilan kucing berlangsung selama 60-70 hari. Jadi jika kucing anda sudah mengalami ciri ciri sedang hamil dan akan segera melahirkan, maka anda harus membantunya mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkannya seperti Kandang dan makanan untuk bayi bayi kucing yang lucu. Nah bagi anda yang masih bingung bagaimana cara untuk membantu kucing kesayangan anda yang akan segera melahirkan berikut adalah beberapa tips untuk anda.



A. Cara Membantu Kucing Melahirkan Di Rumah

Video Bagaimana Cara Membantu Kucing Melahirkan Sungsang Pertama Kali Dirumah

1. Perhatikan Tanda Kehamilan

Cara Paling mudah untuk membantu kucing yang akan melahirkan adalah sejak awal memperhatikan Ciri Ciri Kucing Hamil, Hal ini penting karena dengan mengetahui kapan meong mulai bunting maka kita bisa memperkirakan kapan si Kucing Melahirkan. Nah Untuk Mengetahui gejalanya silakan Baca Artikel kami sebelumnya : Tanda Kucing Hamil agar Bisa lebih sigap

2. Perhatikan Ciri Kucing Akan Melahirkan

Langkah Selanjutkan setelah kita tahu kapan hamil dan bisa memperkirakan kucing lahiran maka memahami Ciri Ciri Kucing Mau Melahirkan juga penting banget untuk dilakukan. Hal ini akan menjadi titik krusial dalam persiapan sebelum proses persalinan.

3. Mempersiapkan Persalinan

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memprsiapkan persalinan kucing anda sendiri. Diantaranya adalah membuat kandang khusus untuk kucing, karena pada masa kehamilan kucing membutuhkan tempat yang benar benat Tenang, hangat dan nyaman. Kandang ini akan ditempati kucing hingga anak anaknya lahir dan tumbuh besar.

Pastikan Sahabat juga paham Dengan penyebab kucing susah melahirkan, bagaimana kucing melahirkan pertama kali, kucing melahirkan berapa anak dan Bagaimana cara membantu kucing melahirkan sungsang. Hal ini agar lebih Mudah Dalam Proses Pertolongan Pertama Pada Kucing Yang Akan Beranak

Pada saat hamil, anda juga perlu untuk membawanya ke dokter untuk di periksa. Biasanya dokter hewan akan memberikan nutrisi yang dibutuhkannya, karena pada saat menjelang kelahiran nafsu makan kucing akan menurun. Jadi jika kucing anda dirasa sudah mengalami ciri ciri akan melahirkan seperti Muntah,gelisah, endengkur keras, sering menjilati tubuhnya, Berjalan terengah engah dan Mencari tempat sembunyi. maka tempatkan dia di kandang khusus karena mungkin sudah akan melahirkan.



4- Mengatasi Persalinan Kucing Sendiri

Setelah kucing anda mengalami gejala gejala akan melahirkan anda harus tetap tenang. Beberapa alat yang harus anda siapkan adalah Handuk, gunting stering, alkohol, Benang dan penghisap air ketuban. Pada saat melahirkan anda bisa membantu membuat induk kucing menjadi rileks dengan cara mengelus elusnya. Kelahiran normal pada kucing dilakukan dengan cara merobek bagian plasenta. Setelah lahir indukan akan menjilati anak anaknya agar menjadi berish dan cepat kering. Lalu insting alami kucing berjalan yaitu dengan menggigit Tali pusar bayinya sampai putus. Namun kucing ras tidak memiliki insting sebagus kucing kampung.

Jika pada kucing Ras, setelah melahirkan anak anaknya maka salah satu cara membantu melahirkan anak kucing anda bisa membantu memotong Tali pusar bayi kucing dengan mengikatnya dengan menggunakan benang.

Setelah itu keringkan anak kucing dengan menggunakan handuk, jangan sampai mereka terluka dan lakukan secara perlahan. Pisahkan dahulu anak dengan induknya selama seminggu, Setelah itu anda bisa mencampurnya kembali agar Anak anak kucing bisa menerima susu dari induknya.

B. Langkah Langkah Membantu Kucing Mau Melahirkan

Gimana Mudah Kan cara membantu kucing yang sulit melahirkan ? Pokoknya Dijamin Pada Bisa Deh. Nah untuk mempermudah kamu memahami prosesnya maka akan saya berikan panduan yang lebih teratur. silakan simak dibawah ini

1. Jaga Kontak Dengan Kucing

Salah satu Cara Membantu persalinan kucing adalah menjaga jarak kita dengan meong yang sudah siap siap melahirkan. Hal ini ditujukan agar induk kucing tidak merasakan ada gangguan di area mereka.

2. Amati Tanda Tanda Persalinan

Pelajari gejala dan ciri kucing sudah dekat dengan persalinan agar disaat bukaan pertama kamu sudah siap membantu si meong. Umumnya proses persalinan kucing berjalan sekitar 12-24 jam jadi cukup lama. Beberap tanda tanda tersebut adalah :

  • Semakin Gelisah Untuk mengatasi ini silakan arahakn meong ke sarang yang telah Anda buat
  • Kucing akan sering menjilati bagian lubang kencingnya.
  • Kucing akan terengah engah kalau Berjalan
  • Suka Mendengkur cukup keras
  • Penurunan Suhu tubuh sekitar 1-2 derajat
  • Hilangnya nafsu makan bahkan bisa sampai Berhenti makan
  • Suka Muntah
  • Namun Kalau kamu mendapati si kucing kencing darah, segeralah hubungi dokter hewan terdekat. Hal ini penting karena pendarahan sebelum melahirkan merupakan salah satu tanda adanya abnormalitas dalam proses melahirkan.

3. Waspadai Jumlah bayi Kucing Yang Lahir

Pastikan anda memperhatikan pada setiap bayi yang lahir. Bantulah kucing dengan mengkondisikan area tetap aman dan nyaman. Karena kalau sampai ada ganguan dari luar semisal ada suara hewan lain, ada kucing jantan, atau si induk pindah ke tempat lain, maka besar kemungkinan akan terjadi penundaan proses melahirkan.

4. Amati Proses Kelahiran Kucing

Perlu dipahami bahwa dalam proses persalinan kucing maka yang pertama kali keluar adalah gelembung air baru setelah itu janin kucing kan menyusul, untuk posisinya juga tidak pasti karena kadang bisa ekornya dulu atau bisa juga sungsang / kepala dahulu. Nah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat proses ini berlangsung yaitu :

  • Waktu yang diperlukan untuk bukaan kedua sekitar 30 menit hingga 1 jam lalu lahirlah bayi kucing pertama. Jarak kelahiran antar bayi biasanya cuma sekitar 30-60 menit, namun kadang bisa lebih dari itu.
  • Jika Lebih dari 1 jam tapi belum ada bayi lain yang keluar maka itu adalah tanda terjadinya masalah. silakan Periks bagian jalan bayinya ( v4gin4 kucing ) . Bila tidak ditemukan apapun, sebaiknya segera menghubungi dokter hewan.
  • Pastikan bayi kucing dijilati oleh si induk. hla ini dilakukan untuk membuang lendir dan membersihkan setiap anak kucing. pastikan Si bayi bernafas dan bergerak dalam beberapa detik setelah kelahiranya. Nah kalau si induk tidak segera melakukan pemmembersihan lendir anaknya, maka cara membantu nya adalah dengan menyobek membran di sekeliling kepala bayi agar bisa bernafas, Lalu Basuh wajahnya dengan handuk atau kain yang kering.
  • Bila memungkinkan, kembalikan posisi bayi ke sisi si induk, kalau perlu tempatkanlah di bawah hidung si induk. dan biarkan si induk menjilati si bayi secara alamiah.
  • Kadang si induk akan mengabaikannya, kalau hal ini terjadi maka ambil si anak kucing lalu keringkanlah pakai handuk kering. Biasanya kalau anaknya diambil akan membuat si bayi menangis dan si induk akan dengan cepat menghampiri kamu. Kalau sudah gitu silakan letakkan kembali si bayi ke sisi si induknya dan biarkan proses alamiah berlanjut

5. Periksa Plasenta Anak Kucing

Karena Plasenta bisa menyebabkan infeksi bagi si induk maka pastikan tidak ada yang tertinggal ya. Tapi ingat JANGAN PERNAH MENCOBA UNTUK MENARIK PLASENTA. karena jika kamu memaksanya maka bisa menyebabkan uterus rusak, dan si induk bisa mati mendadak.

Dalam Keadaan normal biasanya plasenta kucing akan dimakan oleh si induk. hal ini disebabkan Karena plasenta merupakan oragan yang memiliki banyak hormon dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh si induk untuk memulihkan tenaganya pasca melahirkan, jadi sebaiknya kamu jangan mengganggu proses ini.

6. Jangan Memotong Tali Pusar

Umumnya induk kucing memotong tali pusar anaknya menggunakan giginya, jadi Sangat tidak disarankan kamu memotong tali pusar dari placenta. Nah Kalau kamu menemukan kejanggalan si induk tidak melakukannya, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter hewan.

INGAT JANGAN PERNAH MEMOTONG TALI PUSAR APABILA MASIH ADA BAGIAN YANG TERDAPAT DI DALAM TUBUH SI INDUK.

Tali pusar itu pasti terhubung dengan plasenta, maka dari itu pemotongan tali pusar bisa menyebabkan plasenta terjebak di dalam perut kucing. Jika tidak bisa dikeluarkan, maka bisa menyebabkan infeksi dan bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kematian pada induk.

C. Cara Merawat Kucing Pasca Melahirkan

Setelah Semua anak kucing selamat dikeluarkan maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan setelah kelahiran atau lebih dikenal dengan sebutan Pasca Melahirkan.

1. Pastikan Kitten diurus oleh si induk pasca lahir.

Penanganan pertama bagi kucing setelah melahirkan adalah memastikan kitten mendapatkan susu pertama. Susu yang keluar pasca melahirkan itu merupakan Susu yang penuh dengan colostrum dan berharga banget sebagai antibodi bagi si kitten.

  • Anak Kucing itu buta dan tuli ketika mereka lahir, jadi mereka menggunakan indera penciuman dan meraba untuk mencari puting si induk .
  • Umumnya proses menyusui dilakukan Si indukkalau semua anaknya sudah lahir. Namun, jika nampak gejala si induk tidak menyusui si bayi sebaiknya persiapkan susu bubuk dan gunakan botol yang khusus untuk menyusui aneka hewan kecil.

2. Perhatikan kesehatan Anak Kucing

Jangan sampai lengah memastikan anak kucing sehat selalu. Saat Kitten seperti tersedak, itu dikarenakan ada beberapa cairan di saluran udaranya. Cara Mengatasi masalah ini adalah dengan memegang si bayi di antara kedua tangan Anda.Pastikan kepala kitten berada di ujung jari. Lalu kamu bisa mengayunkan ke arah bawah. Kain tipis bisa digunakan untuk mengusap bagian wajahnya. Jangan Lupa memakai sarung tangan, namun berhati-hatilah, karena bayi kucing yang baru lahir agak sedikit licin.

3. Perhatikan Kesehatan si induk

Pasca Melahirkan pastikan anda memberikan makanan kucing yang bergizi disertai minuman yang baik. Hal ini penting untuk dilakukan karena si induk tidak akan meninggalkan anak-anaknya pasca melahirkan. Bahkan untuk makan atau untuk kencing pun tidak akan dilakukan. Maka dari itu menyediakan kotak makanan didekat kotak sarang merupakan hal yang wajib dilakukan.

4. Catat setiap Data kelahiran

Bila Anda seorang peternak kucing maka mencatat waktu kelahiran, jenis kelamin jantan atau betina, berapa berat (gunakan skala bayi kucing), dan kapan ketika placenta sudah keluar merupakan hal yang wajib dilakukan karena informasi ini akan berguna nantinya untuk catatan medis atau bisa juga untuk dokumentasi.

Video Cara Membantu Kucing Melahirkan Sungsang

Nah Semoga Penjelasan tentang Video Bagaimana Cara Membantu Kucing Melahirkan Sungsang Pertama Kali ini Bermanfaat .



cara mengobati kucing scabies,cara ajar kucing anggora himalaya biar berak dan kencing di satu tmp,tafsir di gigit kucing nyata,cara mengawinkan kucing persia dengan kucing kampung,natur e untuk bulu kucing,obat mata buat kucing,mengobati kucing muntah,MINYAK IKAN YANG BAGUS,Cara menghilangkan kutu,mengobati kaki kucing bengkak pincang,kucing nasi gemuk,mimpi jari manis di gigit kucing sampai putus,arti mimpi digigit kucing di bokong,cara membuat kucing gemuk dan bulu lebat,Kucing tidak bisa,Kucing calico jantan,hukum memelihara kucing hamil,ciri-ciri kucing persia jawa,solusi nafas kucing sesak,obati luka buntut kucing, Gemuk, Cara Mengatasi, Jenis, Campuran, Terkeren, Ras Kucing, Cara Merawat, persia, Anggora, Anak Kucing, Kitten, Harga,Video,Lucu, Melahirkan,Imut, Menggemaskan, Terbaru,kampung, Grooming, petshop, Toko Hewan, Dokter, Jenis, 2020,2018,2019