Cara Merawat Anak Kucing

Cara Merawat Anak Kucing ini pasti nggak akan lepas dari bagaimana kita membantu proses kelahiran si bayi meong sampai dengan Makanan Anak Kucing yang cocok dan Pemilihan Susu Kucing. Apalagi kalau kebetulan kitten itu ditinggalkan oleh indukanya sehingga Susu Kucing menjadi kewajiban untuk dipenuhi

Sering ditemukan kasus induk kucing yang tidak mau menyusui anaknya setelah melahirkan.Sebelum membahas tentang hal itu,saya akan membahas info tentang kucing yang melahirkan.Induk kucing yang baru saja melahirkan biasanya tidak akan langsung meninggalkan kandang untuk melahirkan hingga 6 jam lamanya.

Induk kucing akan pergi meninggalkan kandang saat mencari makan atau minum untuk anak-anaknya.Jika induk kucing sudah menemukan makanan dan minuman maka ia akan kembali lagi ke kandangnya untuk membersihkan anak-anaknya.




Jika placenta pada anakan kucing belum bersih maka bagian dari pemilik kucing untuk membersihkannya dengan merawat kucing sebagai berikut ini:

Panduan Cara Merawat Anak Kucing Sejak Baru Lahir

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Agar Tidak Mati dan Cepat Besar sebenarnya cukup mudah namun memang kita memerlukan sedikit keuletan dan ketekunan dalam proses perawatanya. Apa saja langkah yang harus kita lakukan ? simak penjelasanya dibawah ini

Info Cat Lover :  Cara Merawat Kucing Kampung

1. Taruh Anakan Kucing Berdekatan Dengan Induknya

Menaruh anakan kucing dekat dengan induknya akan merangsang induknya untuk membersihkan sisa-sisa plasenta yang masih menempel di tubuh anakannya dengan sempurna sehingga indukan kucing mau mengurusi anaknya lagi.Induk kucing tidak mau mendekat pada anakan kucing yang masih memiliki sisa placenta di tubuhnya.

2. Membuang Sisa Plasenta Atau Ari-ari yang masih menempel

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Dengan Induknya Agar Tidak Mati dan Cepat Besar




Bersihkan sisa plasenta di tubuh anak kucing yang masih menempel.Membersihkan sisa plasenta yang masih menempel perlu dilakukan ketika masih ada sisa plasenta yang belum bersih dan induk kucing sudah tidak mau mendekat ke anaknya. Gunakan sarung tangan berbahan plastik lalu guntinglah sisa ari-ari yang masih menempel.

Jika anda menyentuh anak kucing tidak menggunakan alas tangan akan menyebabkan anak kucing berbau manusia dan induk kucing tidak mau mendekat untuk mengurusnya lagi. Sisa plasenta harus benar-benar di bersihkan untuk memperlancar nafas bayi kucing.



Info Cat Lover :  Suara Kucing Marah

Ada kejadian dimana bayi kucing akan mudah sakit karena kekurangan gizi dan susu dari anaknya yang disebabkan anak kucing yang sudah berbau tangan manusia dan induk kucing tidak mau makan.

3. Gunakan Kain atau Selendang Untuk menghangatkan tubuh kucing

Jika tubuh anak kucing sudah bersih dan tidak ada kotoran yang menempel di tubuhnya maka anda dapat memberi kain atau selendang.Kain atau selendang bersih digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi kucing.Kandang anakan kucing juga bisa di beri kain atau selendang untuk penghangat.

4. Berilah Susu Untuk Anak Kucing

Gunakan alas tangan untuk memegang anak kucing yang masih berumur di bawah 1 bulan.Penggunaan alas tangan bertujuan untuk meminimalisir bau manusi pada tubuh anakan kucing meskipun ada beberapa incuk kucing yang cuek terhadap anaknya sehingga anda harus membantu dengan memberikan susu pada bayi kucing untuk agar tetap mendapatkan nutrisi.

Susu kucing dapat di beli di petshop terdekat,namun anda juga dapat menggunakan susu SGM 1 untuk gantinya.Saat memasak air untuk membuat susu harus benar-benar matang agar kumannya mati dan tidak masuk ke dalam susu SGM.Gunakan pipet untuk memasukkan susu ke mulut kitten.

Info Cat Lover :  Cara Melatih Kucing Agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan

5. Perhatikan Kebersihan Anak Kucing

Untuk menjaga agar anak kucing tidak mati yaitu tetap menjaga kebersihan anakan kucing terutama untuk bagian sekitar tali pusar dan anus.Kedua bagian tersebut sering kotor dan sarang kuman untuk berkembang yang dapat membuat anak kucing menjadi sakit. Cobalah Untuk mempraktekan Cara Memandikan Anak Kucing

6. Mulai Latih Untuk bergerak

Makanan dan susu untuk anakan kucing memang harus diperhatikan,namun ada hal lain yang juga harus mulai dipikirkan yaitu gerak.Jika anakan kucing sudah berumur 3 minggu maka sudah saatnya untuk melatih gerak syaraf dan ototnya.Misalnya dengan memberi mainan,bola agar anak kucing lebih terangsang untuk bergerak.Anda juga bisa mulai mengelus dengan lembut anakan kucing tersebut.

Demikian info tentang merawat anak kucing yang baru lahir. Semoga dapat bermanfaat dan dapat mengatasi masalah anda dalam merawat anakan kucing.



Leave a Comment

mata kucing sakit,kucing selalu mengikuti,jenis kucing persia belang tiga,Cara mengobati skabis pda teling kucing dngan bhan alami,mimpi buah sakar di gigit kucing,setelah kawin berapa lama kucing hamil,apa itu scabies kucing,berapa x mandiin kitten,cara mengobati kucing yang sakit mata nya sudah parah,harga suntik rabies kucing,ciri ciri kucing akan melahirkan,Me mandi kan anak kucing,obat mata kucing alami,Apakah kaki kucing yh terlindas bisa sembuh dan tidak pincang,Cara menyembuhkan kudis k,cara mengobati batuk pada kucing secara alami,gatal pada kucing,bau yang tidak disukai kucing,ciri* kucing yang sudah dikawin,vitamin bulu kucing,Perbedaan kucing anggora dan kucing kampung,obat demam untuk kucing,Mimpi digigit kucibg,kucing bayi harus dimandiin,memelihara calico,Cara mengatasi Gigi kucinh,bengkak hitam pada gusi kucing,cara membuat izin memelihara kucing hutan,susah bab kucing,cara mengobati panu ditelinga kucing, Gemuk, Cara Mengatasi, Jenis, Campuran, Terkeren, Ras Kucing, Cara Merawat, persia, Anggora, Anak Kucing, Kitten, Harga,Video,Lucu, Melahirkan,Imut, Menggemaskan, Terbaru, 2019, 2020