KucingMu.Com

Pusat Informasi Cara Merawat Kucing

Menu

Harga Vaksin Kucing

Temukan Jenis Vaksin Kucing Yang Bagus Untuk Mencegah Penyakit dan Masalah Kesehatan Hewan Peliharaan Dengan Harga Murah Bahkan Gratis Tahun ini Bersama KucingMu.Com

Vaksinasi adalah Sebuah proses kesehatan yang ditujukan untuk menumbuhkan dan mengembangkan sistem imunitas, Vaksinasi memiliki tujuan agar individu yang divaksinasi bisa dengan yakin terhindar dari potensi masalah penyakit infeksi, gejala sakit, dan Sakit itu sendiri. Vaksinasi juga sering dipakai Untuk membatasi proses infeksi yang disebabkan oleh agen infeksi patogen.

Pada Kenyataanya program vaksinasi hewan dilakukan untuk melindungi hewan dari potensi serangan penyakit khusus yang disebabkan oleh mikroorganisme, semisal: bakteri, Parasit dan beberapa virus. Secara Singkat bisa dikatakan kalau Vaksin tersebut hanya mampu mengaktifkan kekebalan sellular dan bisa juga menjadi pendorong pembentukkan antibodi lokal dan karena itu maka bisa berperan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh.



A. Jenis Vaksin Yang Dipakai Untuk Kucing

Ada beberapa jenis obat yang dipakai untuk melakukan vaksinasi terhadap kucing. Beberapa diantaranya bisa dikombinasikan dengan Obat Pengganti Vaksin Kucing namun yang lainya tidak bisa. jadi pastikan sobat Kucing Menanyakan dengan dokter hewan terdekat.

Vaksin membantu kucing kita tetap sehat dan menguatkan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit semisal Kucing Rabies, Kusing Sakit Gigi, Kucing Jamuran,  dan Penyakit Kucing Lainya. Nah bagi anda yang ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan dengan vaksin Kucing ini Yuk Simak Penjelasan Dari KucingMu.Com dibawah ini. Ada tiga jenis vaksin untuk kucing peliharaan yaitu:

1. Vaksin Kucing Tricat ( Untuk Meong 8 – 10 Mingguan )

Kucing Snowshoe Yang Cerdas Lucu Imut Menggemaskan dan Langka

Vaksin Tricat di berikan pada kucing Persia dan Anggora yang sudah memasuki umur 8-10 minggu.vaksin ini berfungsi untuk menjaga kucing dari bahaya serangan penyakit Feline Panleucopenia,Feline Rhinotracheitis,dan Feline Calicivirus.Sebelum vaksin di suntikkan,dokter terlebih dulu akan memeriksa kondisi kucing.Lalu vaksin diberikan pada kucing dan diakhiri dengan pemberian obat cacing.

Harga Vaksin Tricat

Vaksin Jenis ini biasa dijual Dengan Harga Sekitar Rp 80.000-Rp 150.000.




Jika kucing anda sudah memasuki umur 6 bulan namun belum pernah mendapatkan vaksin dari jenis apapun,sebaiknya anda segera bawa kucing anda ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan lalu anda harus memberikan ketiga vaksin tersebut untuk menjaga tubuh kucing persia dan anggora agar tetap terjaga.

2. Vaksin Tetracat ( Untuk Kucing 12 – 14 Mingguan )

3 Jenis Vaksin Kucing Anggora dan Persia Untuk Mencegah Penyakit Harga Murah Bahkan Gratis Tahun ini
Vaksin tetracat sebenarnya sama dengan vaksin tricat namun fungsinya memiliki perbedaan.Vaksin Tetracat berfungsi untuk menjauhkan kucing dari penyakit Feline panleucopenia,Feline rhinotracheitis,Feline Calicivirus dan Clamydia.Vaksin Tetracat dapat diberikan ketika kucing memasuki umur 8 minggu sampai 14 minggu.Tahapan vaksin tetracat berbeda dengan tahapan vaksin tricat namun tidak ada tahapan pemberian obat cacing eperti tricat ketika usia kucing memasuki umur 12 minggu.

Harga Vaksin Kucing Tetracat

Vaksin Tetracat biasanya di banderol Rp 170.000 – Rp 200.000. Masih ada lagi Vaksin Yang lainya Yaitu Vaksin Rabies. Nah Untuk Lebih Jelasnya silakan Cek Penjelasanya Dibawah ini. Vaksin Jenis ini cukup penting diberikan kepada kucing karena penyakit rabies ini merupakan jenis penyakit yang bisa menular dan berbahaya bagi Manusia Sebagai Pemiliknya.



3. Vaksin Rabies Untuk Kucing ( Kucing 20 Mingguan )

4 Penyebab Gejala dan Obat Kucing Rabies Kucing Gila Yang Perlu Diwaspadai Pecinta Hewan

Rabies tidak hanya datang menyerang anjing,namun kucing juga dapat terkena serangan virus rabies.Virus rabies akan menyerang sistem kekebalan tubuh kucing lalu akan menular pada semua makhluk hidup yang berkontak langsung dengan hewan yang terjangkit rabies. Gunakan sarung tangan plastik jika akan menyentuh kucing yang terjangkit rabies untuk mengantisipasi terkena air liur atau gigitannya. Silakan Baca Penjelasan Tentang Kucing Rabies dari Kami disini : Penyebab Gejala dan Obat Kucing Rabies Gila

Harga Vaksin Kucing Rabies

Penggunaan sarung tangan bertujuan untuk mencegah penularan rabies ke tubuh kita. Agar kucing anda terhindar dari virus rabies anda dapat memberi vaksin sejak berumur 20 minggu.. Vaksin rabies biasanya dibanderol dengan harga mulai Rp 30.000 – Rp 100.000.

Demikian informasi tentang vaksin yang wajib diberikan untuk kucing Persia dan Anggora agar kucing terhindar dari penyakit.Makanan yang bernutrisi juga harus diperhatikan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan kucing.

B. Jadwal Vaksinasi Untuk Kucing

Vaksinasi pada kucing harus diberikan kepada hanya kucing yang sehat, karena proses vaksinasi itu bersifat pencegahan bukan pengobatan. Bila Kamu memiliki Kucing hamil dan sedang menyusuimaka tidak boleh dilakukan vaksinasi. Selain masalah itu Ada beberapa Syarat Yang harus diperhatikan sebelum proses pencegahan ini dilakukan yaitu :

Info Cat Lover :  Obat Cacing Untuk Kucing

Kucing yang sedang sakit tidak boleh diberi vaksinasi, karena jika diberi malah akan membuat Si Meong menjadi terpapar penyakit. Selain itu, Yang perlu diingat adalah walaupun kucing sudah divaksinasi, kucing tetap saja dapat terjangkiti penyakit, tetapi kalau sakit biasanya tidak akan lama dan tidak parah. Makanya Vaksinasi sering disebut sebagai proses pencegahan dan pengurangan potensi keparahan suatu penyakit.

Nah Dibawah ini saya berikan Penjelasan lengkap Daftar Harga Vaksin Kucing dan Jadwal pemberianya berdasarkan Usia dari Si Meong. Yuk Cek langsung Dibawah ini

1. Kucing Umur 8 sampai 10 Minggu

Pemberian Vaksin pertama kali biasanya saat meong berusia 8 atau 10 Minggu. Ada dua jenis obat yang sering dimasukan kedalam tubuh meong yaitu Vaksin Tricat dan Tetracat. Pemberian vaksin Tricat ditujukan agar meong terhindar dari Penyakit Feline Panleupcopenia, Feline Rhinotracheitis, dan feline Calicivirus berkisar Biayanya Berkisar antara Rp 80.000 sampai Rp 200.000. Harga pasti berbeda sesuai dengan merk dari vaksin.
Sedangkan untuk Vaksin Tetracat yang fungsinya sama dengan Titracat namun ada sedikit kelebihan yaitu bisa sebagai pencegahan penyakit Chlamydia, itu biayanya sekitar Rp 170.000 sampai dengan Rp 200.000. Masih cukup Murah bagi pecinta Kucing

2. Kucing Umur 12 sampai 14 Minggu

Saat kucing menginjak usia 12 sampai 14 minggu biasanya Vaksin yang kedua diberikan. Pada usia ini, kucing akan diberikan vaksin pencegahan penyakit yang sama dari sebelumnya. jadi tricat dan tetracat masih mejadi andalah untuk vaksinasi kucing umur 3 bulan sampai 4 bulanan ini

3. Kucing Umur 5 Bulan

Disaat Kucing sudah menginhak usia 20 Mingguan maka sudah saatnya pemeriksaan umum oleh dokter hewan dilakukan . Biasanya Selain pemeriksaan ada juga pemberian vaksin Rabies untuk mencegah penyakit kucing gila.

4. Kucing Umur 6 Bulan

Nah Kalau sudah setengah tahun maka pemeriksaan umum musti dilakukan. Hal ini dilakukan agar kita tahu apakah si Meong sudah mendapatkan Vaksinasi apa belum. Hal ini penting karena kadang saat kita mengadopsi si Cat ternyata selam ini belum pernah mendapatkan vaksinasi. Jika benar itu adanya maka da beberapa jenis Vaksin yang bisa diberikan beberapa diantaranya adalah :

  • Vaksin Tricat yang dipakai sebagai pencegah penyakit : Feline Panleucopenia, Feline Rhinotracheitis dan Feline Calicivirus
  • Tetracat sebagai obat Feline Panleucopenian, Feline Rhinotracheitis, Feline Calicivirus dan Chlamydia
  • Vaksinasi Rabies  Untuk mencegah penyakit rabies pada kucing

Pada intinya sih kalau setelah 6 bulan meong belum mendapatkan vaksinasi maka semua jenis vaksin tetap harus di suntikan agar pertahanan tubuhnya bisa maksimal. Nah untuk Lebih jelasnya saya sudah membuatkan tabel jadwal pemberian Vaksinasi untuk kucing dibawahi ni

Jadwal dan Harga Vaksin Kucing Berdasarkan Umur

Umur Meong Jenis Vaksin Penyakit Kisaran Harga
8-10 Minggu Pemeriksaan Umum
Tricat Feline Panleupcopenia Rp 80.000 – Rp 150.000(Merk Murah)
Feline Rhinotracheitis Rp 200.000 (Merk Lain Yang Lebih Mahal)
Feline Calicivirus
Tetracat Feline Panleucopenia Rp 170.000 – Rp 200.000
Feline Rhinotracheitis
Feline Calicivirus
Chlamydia
Obat Cacing
12-14 Minggu Pemeriksaan Umum
Tricat Feline Panleucopenia Rp 80.000 – Rp 150.000(Merk Murah)
Feline Rhintracheitis Rp 200.000 (Merk Lain Yang Lebih Mahal)
Feline Calicivirus
Tetracat Feline Panleucopenia Rp 170.000 – Rp 200.000
Feline Rhinotracheitis
Feline Calicivirus
Chkamydia
20 Minggu Pemeriksaan Umum
Vaksinasi Rabies
6 Bulan(Yang Belum Pernah Di Vaksin) Pemeriksaan Umum
Tricat Feline Panleucopenia Rp 80.000 – Rp 150.000(Merk Murah)
Feline Rhinotracheitis Rp 200.000 (Merk Lain Yang Lebih Mahal)
Feline Calicivirus
Tetracat Feline Panleucopenia Rp 170.000 – Rp 200.000
Feline Rhinotracheitis
Feline Calicivirus
Chlamydia
Vaksinasi Rabies

C. Pertanyaan Seputar Vaksinasi Kucing

Dibawah ini Saya Berikan beberapa Pertanyaan yang sering ditanyakan seputar pemberian vaksin pada kucing, jenis, Permasalah, tata cara dan banyak hal lainya. Untuk Lebih jelasnya Silakan Cek beberapa pertanyaan dan Jawaban yang sudah kami kumpulkan.

1. Kapan kucing dapat Aman divaksinasi ?

Umumnya, Proses Vaksinasi Dilakukan pada anak kucing yang berumur 6-9 minggu. Namun Jika Anda sering mengunjungi rumah singgah kucing, fasilitas breeding dll maka sebaiknya pemberian Vaksin dilakukan lebih cepat sekitar umus 4-5 Mingguan. Vaksin yang dipakai sebaiknya ” modified live vaccines “. hal ini ditujukan agar potensi penularan penyakit bisa dicegah lebih awal

2. Haruskah kucing Sakit divaksinasi ?

Secara umum Setiap kucing yang boleh divaksinasi adalah kucing yang sehat. tidak boleh ada kucing sakit yang diberi vaksin karena akan menimbulkan penyakit baru namun semua tergantung pada kondisi invidivu kucing kita.  Secara umum kucing dewasa yang punya gangguan penyakit pernafasan ringan dibagian dan tanpa ada indikasi kucing demam, sedikit diare, atau munculnya scabies dan penyakit kulit yang tidak ada hubungan dengan system kekebalan tubuh, maka proses vaksinasi dapat dilakukan. Namun akan lebih baik pengambilan keputusan ini dilakukan oleh Dokter hewan yang ahli

Info Cat Lover :  Cara Mengobati Hairball Pada Kucing

3. Apakah Proses Vaksinasi pada kucing yang treatmen glucocorticoids akan Bagus ?

Kucing yang mendapat dosis tinggi glucocorticoids dan juga immunosuppressants lainnya, maka umumnya jika divaksin maka tidak akan merespon dengan baik, bahkan bisa jadi malah berpotensi mendapatkan resiko pengaruh negative dari vaksin,apalagi kalau yang dipakai adalah modified live vaccine. Jadi Sebaiknya Jangan Dilakukan Vaksinasi kalau dosisnya Tinggi. Berbeda Jika Dosis rendah dan pemberianya cuma jangka pendek maka pada umumnya tidak akan mengganggu efektivitas vaksinasi.

4. Berapa Lama Efek vaksin Mulai Bekerja?

Saat kucing diberikan vaksinasi, antigen akan diidentifikasi dan diingat oleh imunitas tubuh. Pada umumnya efek dari vaksin bisa dirasakan setelah 5 hari vaksinasi, Sedangkan proses perlindungan penuh akan terjadi pada hari ke 14 atau 2 Mingguan. Makanya kadang menganjurkan 2 kali atau lebih vaksinasi pada kucing karena dengan selang beberapa minggu maka proses vaksinasi akan memberikan perlindungan yang jauh lebih baik.

5. Haruskan Vaksin terpisah Untuk kucing yang terinfeksi FeLV atau FIV ?

Pada kasus kucing Feline leukemia virus (FeLV) dan feline immunodeficiency virus (FIV) umumnya Vaksin jenis killed vaccine lebih baik dari modified live vaccine. Tapi Kalau kucingnya masih tampak sehat, maka sebaiknya cukup ikuti jadwal vaksinasi diatas. ( cek Lagi Tabelnya Diatas )

6. Apakah dosis vaksin Anak Kucing / Kitten lebih sedikit dari Kucing Dewasa ?

Ingat Dosis vaksin harus sama diberikan pada setiap hewan yang dituju . Jadi Pemberian pada anak kucing dan dewasa dosisnya sama.  Kecuali pada masalah khusus, misalnya dokter hewan merekomendasikan dosis yang diberikan secara intranasal untuk anak kucing / kitten dikurangi. Maka Hal itu harus dilakukan

7. Bagaimana jika kita lupa melakukan Vaksin Kucing ?

Pemberian Vaksin Pada kucing sebaiknya dilakukan secara berurutan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Umumnya pertama kali kucing akan divaksinasi dengan vaksin untuk mencegah penyakit tertentu, dan akan diulang kembali setelah 2-4 minggu sejak dilakukan vaksinasi pertama. Vaksinasi pertama ditujukan untuk membentuk imunitas dasar, sedangkan vaksin yang berikutnya ditujukan untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh si meong.

Jika Rentang Pemberian Vaksin antara yang pertama dengan yang berikutnya lebih lebar, maka umumnya kekebalan tubuh dasar kucing akan berkurang dan tidak bisa memberikan respon  untuk meningkatan kekebalan pada proses vaksinasi berikutnya. Maka Dari itu,  anak kucing muda umur 2-3 minggu dan status vaksinasinya tidak jelas, maka sangat direkomendasikan untuk melakukan vaksinasi dengan jarak yang dianjurkan sekitar 2-3 minggu (catatan : Hal ini tidak berlaku untuk vaksinasi rabies).

8. Jika kucing yang bereaksi buruk terhadap vaksin apa perlu divaksinasi lagi?

Jika Meong kamu memberikan sinyal negatif dan ketidak cocokan dengan pemberian vaksin maka sebaiknya hentikan dulu sambil berkonsultasi dengan dokter hewan.  Untuk menentukan apakah bisa divaksin atau belum perlu memperhatikan beberapa faktor termauk  : Umur, Status kesehatan Si meong, tingkat reaksi dan juga seberapa besar resiko terhadap penyakit. Jika Kucing dipelihara di dalam rumah dan tidak ada kucing lain yang terkena penyakit maka kucing ini tidak harus divaksinasi dengan panleukopenia.

Namun vaksinasi harus diberikan secara teratur. jika kucing memang tidak memiliki riwayat penolakan terhadap vaksin didalam tubuhnya. Sebagai tambahan, monovalent vaccines mungkin bisa dipakai untuk alternative mengurangi resiko penolakan ini. Berikan obat ini dengan rentang waktu 3 minggu. Obat lain yang bisa digunakan adalah Modified live vaccines karena biasanya vaksin jenis ini tidak menyebabkan reaksi yang buruk terhadap hewan.

9. Kenapa kucing yang Sudah divaksin masih saja Sakit ?

Kegagalan vaksinasi ternyata bisa juga terjadi pada hewan. Masalah ini lebih banyak disebabkan oleh kegagalan respon system imunitas si meong yang menyebabkan Vaksin tidak bisa berkembang dengan baik. Lalu Bagaimana Sih mekanismenya Kok kucing yang sudah mendapatkan vaksin masih tetap bisa terserang penyakit dan bahkan ada yang sampai sekarat dan Kucing mati ?

Masalah ini Umumnya dikarenakan vaksin tidak bisa memancing imunitas untuk melindungi kucing tersebut dari serangan penyakit. Bahkan ada beberapa kucing yang malah melakukan intervensi system kekebalan tubuh induk, efektivitas vaksin dan bisa juga pad kekebalan tubuh kucing yang divaksinasi atau factor genetic. Namun kegagalan itu bisa dicegah dengan diagnosa yang benar pada kesehatan kucing sebelum dilakukan Proses Vaksinasi.

Info Cat Lover :  Cara Mengobati Scabies Pada Kucing

10 . Mengapa kucing perlu vaksinasi secara berseri ?

Anak Kucing atau Kitten mendapatkan imunitas dari induknya melalui plasenta saat lahir dan setelah lahir akan menerimanya melalui kolostrum (susu pertama). Nah berdasarkan Fakta Kucing Tersebut maka Umur kitten yang ideal untuk diberi vaksin itu akan sangat tergantung pada seberapa baik kualitas dan kuantitas Imun yang didapat dari Induknya.

Antibodi induk umumnya akan beredar ke seluruh pembuluh darah anak kucing dalam beberapa minggu. Namun Ternyata ada beberapa hari sampai beberapa minggu, level antibody induk kucing betina terlalu rendah dan ini akan diturunkan kepada anaknya.  Periode ini disebut dengan “Celah Kerentanan”. Nah Saat itulah kita akan sering menjumpai anak kucing walau sudah kita vaksin tapi tetap saja masih tertular penyakit.

Dalam situasi seperti ini, maka kita akan sangat sulit menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan vaksinasi pada anak kucing kita secara invididu. Maka Dari itu, vaksinasi harus dilakukan secara berseri dengan tujuan kita dapat melakukan proses peningkatan imunitas secepatnya setelah anak kucing kita melewati masa masa Celah Kerentanan ini..

11. Apakah Ada tipe vaksin yang lebih baik dari lainnya?

Umumnya semua vaksin itu baik namun ada beberapa jenis vaksin yang dimodifikasi lebih mutahir yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh si kucing secara cepat. Secara Simpel Urutanya adalah :

  • Killed vaccine Merupakan Jenis Vaksin dengan Kualitas paling Sederhana
  • Modified live vaccine merupakan vaksin yang lebih baik dari killed vaksin. Jenis Vaksin ini akan membangkitkan kekebalan yang jauh lebih cepat dan lebih lama jika dibandingkan dengan Killed.
  • recombinant vaccines merupakan Vaksin jenis baru yang  umumnya tidak menyebabkan alergi.

12. Jika Catatan vaksinasi tidak kita ketahui, berapa jumlah vaksin yang harus diberikan ?

Jawaban untuk pertanyaan ini akan sangat tergantung pada jenis vaksin yang dipakai, resiko kucing tertular penyakit dan berapa umur kucing saat ini. Untuk kucing yang sudah berumur lebih dari 4 bulan tapi belum pernah divaksinasi maka direkomendasikan mendapatkan Vaksin 2 kombinasi denganrentang jarak pemberianya sekitar 3-4 minggu. Untuk Langkap Pemvaksianan selanjutnya sekitar setahun setelah menyelesaikan rangkaian vaksinasi pertama atau bisa juga disesuaikan dengan anjuran dari Dokter Hewan anda.

Untuk kitten yang umurnya kurang dari 4 bulan maka harus divaksin kombinasi distemper (panleukopenia) konsisten dengan lengkap jadwal vaksinasinya. Minimum Pemberianya adalah 2 vaksinasi diberikan dengan rentang waktu 3-4 minggu. Nah Untuk Pemvaksinan kembali biasanya dilakukan setelah satu tahun.

Kitten umumnya sangat rentan terhadap FeLV, Maka Memilih VaksinUntuk  FeLV menjadi sangat penting. Anak Kucing sebaiknya mendapatkan 2 vaksinasi terhadap FeLV dengan rentang waktu 3-4 minggu mulai umur 8 minggu. Sedangkan Booster tahunan untuk feline leukemia sebaiknya tetap harus dilanjutkan untuk kucing yang memang beresiko tinggi tertular penyakit ini. Sedangkan Untuk Vaksinasi rabies harus diberikan oleh Dokter Hewan.

13. Bolehkah kucing hamil atau menyusui di vaksinasi ?

Secara Umum, Semua kucing yang sedang hamil atau sedang menyusui sebaiknya jangan diberi obat obatan, dan vaksin karena bisa menyebabkan kelainan dan kematian pada fetus. Walaupun ada beberapa vaksin yang sudah diuji pada kucing hamil dan menyusui Tapi selalu ada resiko Mengintai bagi bayi kucing dan induknya maka dari itu sebaiknya gunakan killed vaccine dan Biarkan Dokter Hewan anda yang menentukan vaksin mana yang sebaiknya dipakai untuk kucing anda yang sedang hamil.

14. Apa itu vaccine-associated fibrosarcomas ?

Fibrosarcoma merupakan tumor jaringan konektif. Tumor ini biasanya meluas ke dalam jaringan yang berada di bawahnya. Frekuensi munculnya tumor ini akan meningkat pada kucing yang terkena akibat reaksi local terhadap vaksin Bahkan para peneliti menduga penyebab tumor ini adalah reaksi yang abnormal terhadap masuknya vaksin, predisposisi genetic dan juag ditambah dengan infeksi virus lainnya.

Pada kucing yang berpotensi tertular infeksi terhadap FeLV maka vaksinasi dianjurkan karena akan memiliki resiko yang tinggi  terbentuknya sarcoma. Beberapa vaksin yang berasosiasi dengan sarcoma umumnya ditandai dengan :

  • Munculnya Benjolan lebih dari 3 bulan setelah proses vaksinasi
  • Diameter Benjolan biasanya lebih dari 2 cm
  • Peningkatan Besar Benjolan setelah Sebulan vaksinasi

Jika semua tanda tanda ini terjadi pada kucing anda, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan Dokter Hewan anda agar penanganan segera bisa dilakukan.

Sumber : Holly Nash DVM, MS

Nah itulah Sedikit Ulasan tentang Harga Vaksin Kucing, Jadwal Pemberian dan Beberapa Pertanyaan Seputar vaksinasi pada meong. Jika ada informasi yang kurang silakan ditambahkan via Komentar dibawah ini




harga vaksin kucing,vaksin kucing,vaksin kucing harga,harga vaksin kucing com,harga vaksin kitten,harga suntik vaksin kucing persia,harga suntik vaksin kucing,Harga suntik pak,vaksinasi kucing,biaya vaksin kucing
Info Selain Harga Vaksin Kucing
harga vaksin kucing,vaksin kucing,vaksin kucing harga,harga vaksin kucing com,harga vaksin kitten,harga suntik vaksin kucing persia,harga suntik vaksin kucing,Harga suntik pak,vaksinasi kucing,biaya vaksin kucing