Kucing Batu

Kucing batu (Pardofelis marmorata) merupakan kucing liar yang memiliki Ukuran kecil di familinya. Meong ini Berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Sejak Tahun 2002, IUCN mendaftar Meong ini sebagai spesies yang Langka dan rawan punah, Hal ini Dikarenakan total populasi efektif diduga kurang dari 10000 individu dewasa. Hal ini tentu menjadi dilema bagi kelangsungan Kucing ini.

Kucing Batu – Sejarah, Ciri Khas dan Fakta Mitosnya

Spesies yang diperkirakan masih masuk dalam garis keturunan pantherine dari “kucing besar” ternyata setelah dianalisa genetiknya masih sangat erat kaitannya dengan Kucing emas ( Gold Cat ) dan juga kucing merah ( Red Cat ), Spesies ini merupakan Jenis Kucing yang menyimpang dari felid lain sekitar 9.4 juta tahun yang lalu.

1. Klasifikasi Ilmiah

Sedikit Informasi Seputar Klasifikasi ilmiah Meong ini Adalah :




  • Kingdom: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Mammalia
  • Ordo: Carnivora
  • Famili: Felidae
  • Subfamili: Felinae
  • Genus: Pardofelis
  • Spesies: P. marmorata

Nama binomial

  • Pardofelis marmorata (Martin, 1836)
  • Subspecies
  • P. m. charltoni
  • P. m. marmorata
Info Cat Lover :  Kucing Russian Blue

2. Habitat, Populasi, Persebaran dan Konservasi

Kucing batu atau Marbled Cat atau Pardofelis marmorata Merupakan Salah satu kucing langka yang tersebar di Asia tenggara, Meliputi Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, China, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Thailand, dan Vietnam. DI Indonesia kucing ini Juga dikenal dengan nama kucing kuwuk dan menjadi salah satu hewan langka yang dilindungi. Kucing ini bisa kita jumpai di hutan tropis baik dataran rendah maupun tinggi hingga ketinggian 3.000 meter dpl.

Populasi Kucing batu sekarang hanya sekitar 10000 ekor dan terus menurun disebabkan karena Habitatnya yang terus berkurang Dan juga perburuan liar karena kucing ini memiliki Corak bulu yang sangat cantik. Kucing ini juga sudah Termasuk hewan yang dilindungi oleh badan perlindungan hewan Dunia Seperti CITIES APENDIKS dan IUCN Redlist.

3. Ciri Ciri Kucing Batu

Panjang tubuh kucing batu berkisar antara 45-62 cm dengan panjang ekor 35-55 cm dan tubuh seberat 2-5 kg. Warna bulunya hampir mirip dengan kucing dahan yaitu Coklat abu-abu, kuning dan hitam dengan pola totol. Kucing ini memiliki Bulu yang tebal dan panjang.
Sejarah Ciri Khas Sifat dan Cara Merawat Kucing Batu Hutan Leopard Cat Agar Sehat Berbulu Lebat




Info Cat Lover :  Kucing Terkecil Di Dunia

Kucing ini memiliki tubuh yang bisa dibilang kecil dengan kaki yang kuat, Hal ini karena dia harus gesit pada saat di atas pohon. Hewan ini memiliki teritorial atau wilayah kekuasaan yang cukup luas mencapai 6km persegi.

Ia Akan berburu Mangsa sepertiĀ  burung, tupai, tikus dan reptil Pada malam hari (nokturnal). Meskipun lebih sering menghabiskan waktu dan beraktifitas di atas dahan pohon namun kucing batu terkadang juga turun di tanah baik untuk berburu mangsa maupun untuk mencari mangsa.



4. Fakta Seputar Kucing Batu

Karena kucing ini masuk dalam daftar hewan langka di Dunia maka Spesies ini merupakan Hewan yang dilindungi, Jadi jangan tanya berapa Harga Kucing Batu Kalimantan, Jawa dan lainya, Karena Kalau sampai kamu membelinya bisa terjerat pasal perlindungan Hewan. Lebih baik Kita Pelajarai saja Apa Fakta Makanan, Gambarnya, Dimana Dia Hidup dan Hal spesial lainya. Nah Bersama KucingMu.Com kita akan membongkat sedikit demi sedikit fakta seputar Meong ini

  • Total Populasi Kucing ini Di seluruh dunia hanya sekitar 10.000 ekor. Jadi sudah jelas kan Betapa Langkanya Dia
  • Kucing ini biasanya memiliki ekor yang cukup panjang dan uniknya tetap berbulu sangat lebat
  • Persebaran kucing batu ini berada disekitar kawasan Indomalaya yang terbentang dari timur negara India, Nepal, RRC China dan menyeberang sampai di Asia Tenggara termasuk di Jawa, Sumatra dan Kalimantan
  • Meong ini memiliki Panjang tubuh sekitar 45-62 cm dengan total panjang ekor sekitar 35-55 cm dan berat badanya sekitar 2-5 kg.
  • Fungsi Ekor yang lebat adalah sebagai penjaga keseimbangan saat si meong bergerak di dahan atau ranting pohon ( jadi Bisa Memanjat ).
Info Cat Lover :  Kucing Merah

Nah Itulah Sedikit Pembahasan Seputar Kucing Batu dari KucingMu.com jika Sahabat Cat Lover memiliki Informasi Seputar Meong ini Silakan Share dan Komentar di bawah ini



Leave a Comment

bau yang tidak disukai kucing,Tips cara menggemukan kucing anggora,kenapa kucing tidak bisa pup,tanda anak kucing kedinginan,sampo kucing berkualitas tp murah,mata anak kucing merah berair,cara mengatasi kaki kucinh patah,cra mengatasi bulu rontok pd kucing,obat kucing keracunan,ciri ciri kucing kampung campuran,Bahaya pakan bolt bagi kucing,harga kucing siberian,ciri ciri kucing birahi,kucing tercantik di dunia,harga vitamin bulu kucing suntik,cara menyembuhkan kucing sesak nafas,Mengatasi kucing sulit BAB,kenapa kucing batuk seperti tersedak,Microlax dikasih kucing yang sudah bab,kucing persia sesak nafas,cara membuat makanan kucing persia,bau yg tidak disukai kucing,obat kucing cacingan secara alami,kucing keracunan,cara menyembuhkan kaki kucing yang bengkak dengan cara alami,cara menyembuhkan anak kucing yang kurus,mueeza jenis kucing apa,cara mengobati sakit mata pd kucing dengan alami,kucing bab keluar usus,kucing terkecil didunia, Gemuk, Cara Mengatasi, Jenis, Campuran, Terkeren, Ras Kucing, Cara Merawat, persia, Anggora, Anak Kucing, Kitten, Harga,Video,Lucu, Melahirkan,Imut, Menggemaskan, Terbaru, 2019, 2020