KucingMu.Com

Pusat Informasi Cara Merawat Kucing

Menu

Kucing Hutan

Bahaya Memelihara Kucing Hutan ini sebenarnya Bukan Hanya masalah buas Atau Jinaknya Kucing Hutan ini , Tapi Lebih Kepada Bagaimana Rumitnya Mengurus Lesen Atau Ijin Pemeliharaan Kucing hutan Baik kucing Malaysia, Kalimantan, Sumatra, Jawa, Afrika dan Banyak tempat Lainya. Sebenarnya Pengin Banget Membuat Video Bahaya Memelihara Kucing Hutan Dirumah Sendiri Yang dilengkapi Dengan Panduan Cara Mengurus Izin Larangan, Lesen Dan Cara Merawat Bayi Kucing HUtan Blacan baik dari Malaysia, Indonesia maupun Kucing Hutan Afrika. Tapi karena keterbatasan Waktu jadi sampai sekarang belum bisa

Jenis Kucing Hutan ada banyak sekali tersebar di seluruh penjuru hutan dunia Termasuk Indonesia, Malaysia, Afrika, India dan Banyak Lagi lainya. Dibawah ini walau Tidak Ada Video Ciri Jenis Kucing Hutan Langka di dunia Namun, Kami Berusaha Memberikan Informasi Terkait Kucing Hutan Liar, Jinak,  Besar Baik yang masih Anakan ( Kitten ) maupun Yang Sudah Dewasa Asli Hutan Indonesia,Jawa, Kalimantan, Sumatra, Malaysia dan Hutan Afrika.

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali jenis Flora dan Fauna. Salah satu hewan yang memiliki banyak jenis adalah kucing. Tentu masih membekas dibenak kita Harimau jawa dan Bali yang telah punah tertekan Ledakan populasi manusia.  Tidak hanya di bali, sekarang berbagai macam jenis kucing juga mulai terancam populasinya baik itu di Sumatra dan kalimantan.



Kucing Hutan – Jenis Ras, Izin Larangan Dan Cara Merawatnya

Kucing hutan atau kucing blacan merupakan kucing yang habitat aslinya di hutan. Namun kucing ini sekarang juga banyak diminati oleh para Catlover. Kucing ini Sekarang sudah dilindungi, jadi bagi anda yang ingin memeliharanya anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Kucing hutan termasuk hewan nokturnal atau hewan yang aktif dimalam hari. Dia biasanya memangsa Tikus, Kadal, ular, burung dan masih banyak lagi. kucing hutan biasanya akan membuat sarang di dekat lembah atau sungai.

A. Ciri Ciri Kucing Hutan

Ukuran tubuh dari kucing hutan tidak beda jauh dengan Kucing perumahan, ekornya cukup panjang hingga setengah bagian dari tubuhnya. ciri unik yang ada pada kucing ini adalah pola totol yang ada di tubuhnya. Perutnya berwarna putih dan totolnya coklat muda dan tua. Pada saat berburu, kucing ini akan sering berada di atas pohon.

B. Makanan Kucing Pohon

Pada saat anda mendapatkan kucing hutan yang masih liar, berikanlah daging segar terlebih dahulu. sesuai berjalannya waktu anda bisa mulai mencampurkan daging dengan Makanan kucing yang ada di pasaran. Hal ini dimaksudkan agar kucing tidak kaget dengan perubahan makanan. Setelah kucing terbiasa anda bisa memberikan full catfood yang ada di pasaran.

C. Jenis Kucing Hutan

Kucing liar yang ada di indonesia Memang sudah mulai tertekan populasinya dikarenakan habitatnya yang mulai berkurang. Kucing liar yang sekarang sudah mulai di lindungi adalah  macan kumbang, macan tutul, ataupun kucing hutan. sebagai warga negara yang baik, kita tentunya harus melindungi mereka dari penjualan ilegal. Jadi kita harus mempelajari tentang mereka terlebih dahulu. Dengan begitu kita bisa membantu Melesterikan Kucing kucing yang terancam punah.

Jenis Kucing Hutan Langka Asli Jawa Kalimantan Malaysia dan Afrika itu ada banyak sekali. Untuk menambah wawasan anda, berikut ini 7 dari sekian banyak jenis kucing hutan di Indonesia yang keberadaanya kini semakin langka dan terancam punah.

1. Macan Dahan




Macan Dahan Clouded leopard - 7 Ciri Jenis Kucing Hutan Langka Asli Jawa Kalimantan Malaysia dan Afrika
Kucing ini merupakan kucing asal kalimantan yang sudah mulai langka dan Terancam punah. Pada tahun 2008, kucing ini diperkirakan hanya ada 10000 ekor di habitat aslinya dan akan terus menyusut dikarenakan Populasi manusia dikalimantan yang terus meningkat.

2. Kucing merah Kalimantan

Kucing ini adalah kucing asli asal Kalimantan yang dikenal dengan nama Boenean dan sekarang sekarang sudah hampir punah. Pada tahun 2007 IUCN melakukan survey dan hasilnya, hanya ada 2500 saja yang tersisa Di alam liar.

3. Kucing Batu



Kucing batu atau Marbled cat Adalah kucing yang bisa kita jumpai di sumatra dan kalimantan. kucing ini sering berada di atas pohon dan Sangat cepat pada saat bergerak. Kucing hutan ini berukuran kecil seperti Kucing kampung, hal itu tentu berbeda dengan kucing hutan lainnya yang berukuran besar. Untuk Lebih jelas masalah ras meong ini silakan Baca Disini : Fakta Dan Mitos Kucing Batu

4. Kucing Bakau

Sesuai dengan namanya kucing ini adalah kucing yang tinggal di hutan bakau.  Kucing ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kucing lain yaitu Ahli berenang padahal jenis kucing pada umumnya itu Takut air. Makanannya adalah  ikan, katak, ular, dll.

5. Kucing Kuwuk atau Meong Congkok

Kucing kuwuk atau meong congkok atau Leopard cat adalah salah satu kucing yang cukup unik karena sangat mirip dengan macan tutul. Jadi tidak heran kalau kucing ini Sering diperjual berlikan.

6. Kucing Emas Asia

Kucing ini tersebar hampir di semua daerah asia, di indonesia sendiri kucing ini ada di daerah sumatra dan kalimantan. Karena kekurangan Habitat populasi kucing ini terus berkurang.

7. Kucing Kepala datar

Habitat kucing ini sama dengan kucing Bakau yaitu di hutan bakau. Kehidupannya juga tidak jauh beda dengan kucing bakau. Kucing ini bisa kita temukan di daerah kalimantan.

Semoga Penjelasan Tentang Ciri Jenis Kucing Hutan Langka Asli Jawa Kalimantan Malaysia dan Afrika ini Bisa Menambah Wawasan Sahabat KucingMu.Com Semua. Untuk selanjutnya yuk Pelajari bagaimana Cara Merawat Meong ini Di Rumah.

D. Perawatan Kucing Hutan

Kucing Hutan Mirip Harimau - Bahaya Memelihara Kucing Hutan - Izin Larangan Dan Cara Merawatnya

Mirip Dengan Harimau Loreng

Kucing ini sangat rentan terhadap penyakit, jadi anda harus selalu menjaga kebersihannya. Mandikan kucing ini rutin 2 minggu sekali dengan menggunakan shampo khusus kucing dan air hangat. Jangan langsung membasahi seluruh tubuh kucing dengan air, rendam kucing setengah bagian tubuhnya saja lalu gosok dengan menggunakan shampo kucing. Setelah itu keringkan kucing dengan menggunakan blower atau hair dryer.

Cara Merawat Kucing Hutan Blacan Asian Leopard Cat ini sebenarnya cukup mudah. Ras Kucing ini memiliki kebiasaan tidur dalam waktu yang lama. Kucing Hutan atau Blacan atau Asian Leopard Cat adalah salah satu kucing yang cukup diminati untuk dipelihara dirumah.Kucing yang bercorak seperti macan tutul ini memiliki perbedaan dengan kucing peliharaan pada umumnya.Kucing hutan sedikit mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan manusia.

Habitat asli kucing Hutan yaitu di dalam hutan,jadi tidak heran jika ia langsung menyerang ketika kita berusaha mendekatinya.Sebelum anda memutuskan untuk merawat Blacan lebih baik perhatikan dulu bagaimana cara merawatnya.Yuk….simak ulasannya di bawah ini.

  1. Blacan habitat aslinya adalah lingkungan yang bebas yang akhrinya membentuk kepribadian liar di dalam jiwanya.Untuk meredam jiwa liarnya,lebih baik anda merawat Blacan sejak kecil yaitu berumur 2 bulan.Pada usia tersebut biasanya hewan sudah dapat di adopsi dan dipelihara.Jika belum berumur 2 bulan,anakan kucing sebaiknya dibiarkan dalam pengasuhan induknya dulu.
  2. Karena biasa hidup di lingkungan terbuka,sebaiknya anda menyediakan lingkungan hangat dan sedikit meniru lingkungan aslinya.Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman bagi si kucing agar kucing menjadi betah di rumah barunya.
  3. Anda jangan kaget,ketika mengadopsi anakan Blacan.Meskipun umurnya masih bayi,keagresifannya sudah ada.Hati-hatilah dalam memberikan makanan dan berilah susu dengan alat suntik tanpa jarum yang sudah biasa digunakan untuk menyuapi bayi hewan.
  4. Agar kucing Hutan cepat beradaptasi dengan baik,sebaiknya kamu memberi makanan yang memang sesuai dengan kesukaannya.Jangan berikan makanan kemasan setiap hari.Sebaiknya dalam memberi makan Blacan di atur jadwalnya anatara makanan kemasan,daging segar seperti ayam,sapi yang sudah diiris tipis untuk menjaga emosi mereka agar tetap tenang.
  5. Jika Blacan sudah mulai agak besar,anda dapat mengubah pola makannya.Misalnya dengan mencampurkan daging segar dengan cat food yang sudah dihancurkan sebelumnya.Lama kelamaan kamu bisa memberikan makanan yang dapat dibeli di petshop jadi sudah tidak repot lagi.Mungkin pertama Blacan akan ogah-ogahan tapi pasti lama kelamaan dia akan terbiasa.
  6. Blacan juga membutuhkan vaksinasi.Untuk lebih jelasnya anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan.

E. Cara Merawat Anak Kucing Blacan

Cara Merawat Anak Kucing Blacan itu menarik untuk dibahas disini. Kucing hutan atau Blacan memang sangat lucu dan yang terpenting memiliki keunikan tersendiri.Tentunya sebuah kebanggaan tersendiri ketika anda dapat merawatnya dengan baik dan benar. Namun masih ada saja orang yang memelihara blacan tapi berujung kematian pada blacan yang disebabkan minimnya pengetahuan untuk merawat dan memelihara dengan baik dan benar. Blacan memang memiliki keunikan pada bagian corak bulunya yang mirip dengan macan tutul.Banyak orang yang sengaja memburunya untuk dipelihara. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memelihara dan merawat Anak Kucing Blacan atau kucing hutan.

Video Panduan Cara Merawat Anak Kucing Blacan Kitten Asian Leopard Cat Yang Lucu Dan Imut

Anakan Kucing Blacan

1. Kucing Hutan Berbeda Dengan Kucing Biasa

Kucing Hutan atau Blacan memiliki daya tubuh yang berbeda dengan kucing biasa atau peliharaan.Blacan dari segi fisiknya mudah terkena penyakit dan daya tahan tubuhnya juga rendah.Kucing unik ini sangat mudah terkena penyakit distemper sehingga segeralah hubungi dokter untuk antisipasi jika kucing anda terserang penyakit distemper.

2. Berikan Kandang Yang Nyaman dan Hangat

Blacan sangat mudah terkena penyakit atau sakit.Untuk mengantisipasi stres dan agar kucing anda selalu sehat,berilah rumah atau kandang senyaman mungkin.Berilah kandang yang luas karena kandang yang sempit bisa membuat kucing stres.Buatlah kandangnya senyaman mungkin agar blacan bebas bermain di dalam kandangnya.

3. Berilah Makanan Yang Sehat dan bergizi

Berilah makanan yang sehat dan bergizi seperti cat food campur nasi dan dagin ayam yang sudah direbus.Ingat…ketika anda memelihara kucing hutan ini,sebaiknya anda jangan mencoba untuk memberikan daging mentah/segar sesuai makanan di habitat aslinya.Ketika Kucing hutan masih bayi,berilah susu khusus dan jangan sembarang memberi susu misalnya susu yang biasa kita minum karena dapat mengakibatkan kematian.Ketika Blacan sudah mulai dewasa,anda dapat memberi makanan seperti Catdoof,campuran nasi dan daging ayam rebus agar bulunya semakin baik da lembut,

4. Mandikan Kucing 1 minggu sekali

Mandikanlah Blacan minimal satu minggu sekali saja.Ketika memandikan si kucing hutan gunakanlah shampoo khusus.Jangan gunakan shampoo manusia karena dapat menyebabkan kerontokan pada bulu Blacan.Masukkan kaki kucing dengan pelan-pelan ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan shampoo khusus tadi.Letakkan kucing di baskom tadi dan lakukanlah pelan-pelan agar kucing tidak mengamuk dan kabur.Saat membersihkan bagian kaki dan kuku kucing,lakukanlah dengan hati-hati lalu bilas dan gosok kembali hingga benar-benar bersih.Jika proses mandi sudah selesai,lalu keringakn bulu si kucing hutan menggunakan handuk yang bersih dan halus.

Semoga Penjelasan Tentang  Cara Merawat Anak Kucing Blacan Asian Leopard Cat Yang Lucu Dan Imut dari KucingMu.Com ini memberi Manfat

F. Harga Kucing Hutan

Video Cara Merawat Kucing Hutan Blacan Asian Leopard Cat Liar Agar Jinak Yang Baik dan Benar
Karena Dilindungi oleh pemerintah, jadi tidak heran kalau kucing ini memiliki harga yang cukup tinggi. Bagi anda yang ingin memeliharanya anda harus izin terlebih dahulu, karena kalau tidak kita bisa dipidana berdasarkan UU PP no.7 tahun 1999 dan UU no.5 Tahun 1990. Makanya Saya memberi judul Untuk Artikel ini dengan Nama Bahaya Memelihara Kucing Hutan – Izin Larangan Dan Cara Merawatnya. Pastikan Sahabat KucingMu.com Mengurus Perijinan Yang Baik dan Legal. Untuk daftar harganya Adalah sebagai Berikut

NO JENIS KUCING KISARAN HARGA
1 Kucing Liar Asli Jawa umur 1 Tahun Rp 1.000.000,-
2 Kucing Liar Asli Macan Dahan umur 6 bulan-2 tahun Rp 100.000.000,-
3 Forest Cat Macan Dahan Umur 3-1 tahun Rp 3.000.000,-
4 Kucing Liar Asli Anakan Murah umur 3 bulan Rp 350.000,-
5 Forest Cat Kalimantan umur 2,5 bulan Rp 400.000,-
6 Kucing Liar Asli Sumatera umur 4 bulan Rp 450.000,-
7 Forest Cat Murah umur 6 bulan Rp 500.000,-
8 Anakan Meong Liar jenis blacan non-ped umur 2 bulan Rp. 22.000.000,-
9 Anakan Meong Liar blacan jantan umur 4 bulan Rp. 4.000.000,-
10 Anakan Meong Liar blacan kitten umur 1 bulan Rp. 4.500.000,-
11 Forest Cat blacan betina umur 2 tahun Rp. 6.000.000,-
12 Anakan Meong Liar blacan 1 pasang umur 6 bulan Rp. 8.000.000,-
13 Anakan Meong Liar blacan asli umur 3 bulan Rp. 8.700.000,-

Semoga Penjelasan Tentang Cara Merawat Kucing Hutan DAN HARGA Blacan Asian Leopard Cat Liar dan Jinak ini Bermanfaat Bagi para pecinta Meong




obat cacing untuk kucing,anak kucing hutan,izin memelihara kucing hutan,bahaya pelihara kucing hutan,Syarat memelihara blacan,Apakah kucing hutan berbahaya,apakah boleh memelihara kucing hutan,Apakah boleh memelihara kucing blacan,apakah berbahaya memelihara kucing hutan,Anak kucung mirip harimau
Info Selain Kucing Hutan
obat cacing untuk kucing,anak kucing hutan,izin memelihara kucing hutan,bahaya pelihara kucing hutan,Syarat memelihara blacan,Apakah kucing hutan berbahaya,apakah boleh memelihara kucing hutan,Apakah boleh memelihara kucing blacan,apakah berbahaya memelihara kucing hutan,Anak kucung mirip harimau