KucingMu.Com

Pusat Informasi Cara Merawat Kucing

Menu

Cara Mengobati Kucing Muntah Kuning

Kucing Muntah Kuning dan Berbusa Sampai Lemas ? . Kucing yang muntah adalah hal yang umum terjadi. Namun anda harus memperhatikan kucing muntah apa. Kucing muntah biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti makan yang terlalu cepat,makanan yang keras. Kucing muntah adalah saat dimana kontraksi otot di perut membuat tekanan yang membuat semua isi di perut menjadi keluar. Ketika kucing anda akan muntah biasanya mengeluarkan tanda-tanda seperti suara ketika isi perut sudah sampai di kerongkongan kucing. Selanjutnya saya akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi kucing muntah busa. Berikut informasinya.

Kucing menjadi salah satu hewan yang mudah keracunan sehingga menimbulkan gangguan kesehatan misalnya muntah kuning. Kondisi bisa di katakan wajar, karena kucing suka makan dan minum sembarangan. Apabila hal ini terjadi pada kucing kesayangan anda, tentunya membuat khawatir.

Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Muntah Kuning

Sebelum anda mengobatinya, ada baiknya jika mencari tahu penyebab yang membuat kucing anda muntah kuning. Penyebab bisa anda ketahui, jika anda juga memperhatikan gejala-gejala apa saja yang di perlihatkan oleh meong kesayangan anda.



A. Kenapa Kucing Muntah Kuning

Ada banyak faktor yang membuat kucing kesayangana anda menglamai gangguan kesehatan, salah satunya muntah kuning. Ketika kucing anda mengalami kejadian seperti ini sebaiknya jangan panik atau malah menyepelekan. Gangguan seperti ini bisa berujung fatal jika tidak segera di tangani. Sebelum anda membaca artikel bagaimana cara mengatasi kucing muntah kuning, ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja penyebab yang membuat kucing kesayangan anda muntah kuning, nah berikut beberapa penyebabnya :

1. Kucing Sakit

Kucing yang muntah busa putih dapat disebabkan karena ia sedang sakit. Kucing yang muntah biasanya di barengi dengan diare karena panleukopenia. Kucing yang muntah karean penyakit ini termasuk parah dan jika dibiarkan akan mengakibatkan kematian Lalu Kucing Di Kubur. Sehingga ketika kucing anda mengalami kejadian seperti ini segeralah bawa ke dokter hewan.

2. Virus Panleukopina

Panleukopina merupakan salah satu jenis virus yang sangat berbahaya karena bisa membunuh kucing kesayangan anda. Virus ini bekerja dengan menyerang saluran pencernaan pada kucing sehingga memicu ulkus peptikum.

Kucing yang terserang Virus Panleukopina akan menunjukkan gejala seperti diare, dehidrasi, kelahangan nafsu makan, demam dan kucing mengalami muntah kuning.




Info Cat Lover :  Cara Mengobati Kucing Asma

Satu hal yang harus kalian ingat, jika virus ini dapat menular ke kucing lain yang kondisinya sehat. Bagi anda yang kucingnya terjangkit virus ini segera bawa ke dokter hewan, jika tidak segera di atasi biasanya dalam waktu 24 jam kucing kesayangan anda akan tewas.

3. Terlalu Kenyang

Jika kucing anda tiba-tiba muntah setelah makan dan tidak mau makan lagi setelah muntah,itu menandakan jika kucing anda sudah terlalu kenyang.Tapi hal ini juga bisa jadi ciri-ciri flu pada kucing.Jika kucing anda flu makan dapat diberikan obat ondansentron dengan dosis untuk kucing dewasa 1/2-1 tablet sedangkan untuk anakan kucing 1/4 saja.

4. Keracunan Zat Kimia



Penyebab paling umum terjadi yang membuat kucing mengalami muntah kuning adalah keracunan. Ada banyak faktor yang memicu kucing anda mengalami keracunan seperti makanan, minuman, udara , dan faktor lingkungan. Silakan Baca Tanda Tanda Kucing Keracunan agar bisa mengantisipasinya

Contoh kecil, jika kucing anda keracunan karena makanan atau minuman. Bisa saja di sebabkan karena kelaparan atau haus ( dehidrasi ) akibat kelalaian sang pemilik yang tidak memberikan makan atau minum, sehingga sih pus mencari makan dan minum sendiri secara sembarangan.

Kucing yang hidupnya dibebaskan atau tidak di beri kandang biasanya tidak akan mengalami stres. Namun hal yang buruk terjadi ketika mereka bebas mengkonsumsi makanan dan minuman sembarangan. Misalnya tiba-tiba mereka minum air sabun atau cairan pembersih yang akibatnya akan membuat tubuh kucing menjadi lemas.S ebaiknya anda menyediakan minuman sendiri khusus untuk kucing anda agar tidak keracunan.

5. Kucing Sedang Hamil

Kucing yang tiba-tiba muntah busa putih juga bisa disebabkan karena ia sedang hamil. Kucing betina dewasa yang sedang mengandung anakanya akan lebih mudah muntah mual-mual lalu muntah. Namun biasanya muntahnya terjadi setelah makan selesai. Kamu musti Tahu Apa Ciri Ciri Kucing Hamil agar masalah ini tidak disikapi dengan khawatir berlebihan

Kucing juga sama seperti manusia, ketika hamil ia akan muntah-muntah. Kondisi ini bisa di bilang wajar, karena hormon estrogen pada lambung meningkat pada saat hamil. Hal inilah yang mengakibatkan kucing kesayangan anda mengalami muntah kuning. Jadi Saya kira tidak perlulah terlalu khawatir, lebih baik kamu pelajari Apa Ciri Ciri Kucing Mau Melahirkan Agar nanti pas Mau Bersalin kita bisa Membantu Kucing Melahirkan Dengan Baik dan Selamat

Info Cat Lover :  Cara Mengobati Kucing Keracunan

6. Bulu Kucing

Bulu kucing yang masuk saat kucing menjilati tubuhnya juga dapat mengakibatkan kucing muntah. Ternyata Bahaya Bulu Kucing yang tertelan semakin hari semakin banyak hingga membuat kucing itu sendiri memuntahkannya.

7. Jenis Makanan

Selain virus, makanan juga dapat membuat kucing anda mengalami muntah-muntah kuning. Kondisi ini biasanya di sebabkan oleh pemilik kucing yang salah dalam memberikan jenis makanan atau Porsi Makanan Kucing yang berlebihan. Untuk menghindari kucing mengalami muntah kuning, ada baiknya jika sang pemilik benar-benar memperhatikan jenis makan dan takaran pakan yang di berikan. Bukan Berarti Makanan Kucing Yang Murah itu jelek ya buat si meong. Yang Diperhatikan itu bukan Mahal atau murahnya tapi kandungan nutrisi di dalamnya. Jika ingin tahu Lebih Seputar Makanan Meong yang bagus coba baca beberapa Artikel Kami sebelumnya disini :

B. Cara Mengatasi Kucing Muntah Berbusa Kuning

Ketika anda akan bertindak dalam mengatasi kucing yang muntah,sebaiknya anda jangan gegabah tanpa tahu apa penyebab kucing muntah.Bersihkan terlebih dulu bekas muntahannya dan jangan sampai termakan oleh kucing anda atau yang lainnya. Lalu semprotkan desinfektan atau cairan antiseptok ke bekas muntahan agar kumannya mati dan tidak dapat menyebar.

Pertolongan pertama pada kucing yang muntah yaitu memberikan air minym yang steril. Air putih adalah obat yang mujarab untuk menteralisir sistem pencernaan yang sedang tidak baik. Anda juga dapat menambahkan vitamin pada kucing anda agar kekebalan tubuhnya meningkat. Jika kucing anda muntah disebabkan oleh virus segeralah di bawa ke dokter hewan agar nyawanya selamat. Kucing yang hamil tiba-tiba muntah adalah hal yang biasa sama seperti ketika kucing memuntahkan bulu dari dalam perutnya. Semua itu adalah hal yang alamiah terjadi pada kucing. Nah agar lebih jelas gimana tata urutan pengobatanya saya berikan panduan lengkapnya dibawah ini

Setelah anda mengetahui penyebab kucing kesayangannya mengalami muntah kuning. Maka kali ini saya akan memberikan ulasan artikel tentang bagaimana cara mengatasi kucing muntah kuning. Jika sewaktu-waktu hewan peliharaan anda mengalami kejadian seperti ini, bisa langsung di tangani tanpa harus pergi ke dokter hewan, diantaranya :

Info Cat Lover :  Cara Mengobati Kucing Rabies

1. Cari penyebab dan jauhkan dari kucing

Sebelum anda mengatasi, ada baiknya jika mencari tahu apa penyebab kucing anda mengalami muntah kuning. Apabila anda sudah mengetahui penyebabnya, maka kucing anda di jauhkan terlebih dahulu dari benda-benda yang ada di sekitarnya.

2. Gunakan oralit

Oralit Merupakan jenis obat yang di gunakan untuk mengatasi diare, muntah parah, kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi.

Obat ini tidak hany bisa di gunakan oleh manusia, namun hewan peliharaan seperti kucing juga bisa di pakai. Nah jika kucing kesayangan anda, mengalami muntah kuning, kamu bisa mengobatinya dengan meminumkan cairan oralit.

Oralit bisa anda dapatkan di tokoh obat atau membuatnya sendiri di rumah. Jika kamu mau membuat sendiri, mudah saja hanya sediakan gula, garam, dan air hangat. Kemudian campur gula dan garam dengan 2:1, lalu larutkan memakai air hangat tadi.

Pemberian oralit bisa menggunakan spet ukuran 1 ml, namun jika anda hanya memberikan sekali, oralit bisa anda berikan dengan takaran 2 ml.

3. Jangan berikan kucing makan dan minum

Untuk mengetahui apakah kucing kesayangan anda sembuh atau belum dari muntah kuning adalah dengan tidak memberikan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam.

Jika dalam waktu 12 jam kucing kesayangan anda sudah mau mengeluarkan suara meong-meong, berati bisa di pastikan jika hewan peliharaan anda yang gemas tersebut sudah sembuh dari muntah kuning.

4. Bawah ke dokter

Apabila kamu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyembuhkan kucing kesayangan anda dari penyakit muntah, namun kondisinya masih tetap saja bahkan memburuk. Maka langka selanjutnya segera bawa kucing anda ke dokter hewan supaya mendapat penanganan yang tepat, sehingga tidak berujung fatal. Dengan pergi ke dokter, anda juga bisa mengetahui solusi perawatan yang tepat untuk di rumah.

Nah itulah Beberapa Penyebab Dan Cara Mengatasi Kucing Muntah Kuning Dan Lemas agar sahabat kucingmu bisa lebih sigap dalam menghadapi masalah ini




kucing muntah kuning,Kucing muntah cairan kuning,obat kucing muntah kuning,kucing muntah warna kuning,anak kucing muntah kuning,Kucing muntah,mengobati kucing muntah,Kucing anakan muntah,kucing mu,kucing muntah kuning berbusa
Info Selain Cara Mengobati Kucing Muntah Kuning
kucing muntah kuning,Kucing muntah cairan kuning,obat kucing muntah kuning,kucing muntah warna kuning,anak kucing muntah kuning,Kucing muntah,mengobati kucing muntah,Kucing anakan muntah,kucing mu,kucing muntah kuning berbusa