Cara Mengobati Kucing Sakit Mata

Kucing Sakit Mata menjadi masalah yang sering dialami oleh hewan peliharaan yang imut dan menggemaskan ini. kita Perlu Tahu Apa saja Ciri Ciri dan Tanda Tanda Dari Penyakit Sakit Mata Pada Kucing. Selain itu Penyebab Kucing Sakit Mata juga Perlu diperhatikan Agar Penyakit lainya Semisal Selesema Kucing, Mata Berselaput, Mata Teruk, Mata Merah Sebelah, Mata bengkak Bernanah, Mata Kucing Berair Terus bisa Diatasi Dengan Baik. Maka dari Itu KucingMu.Com Memberikan Panduan Bagaimana Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Dengan Cepat dan Secara Alami. Yuk IKuti Panduanya Dibawah ini

Salah satu penyakit yang dapat menyerang kucing salah satunya adalah sakit mata.Sakit mata ditandai dengan keluarnya cairan yang berlebihan pada mata kucing.Penyakit mata adalah penyakit yang cukup serius dan harus diperhatikan.Jika penyakit ini dibiarkan saja akan berdampak pada kesehatan dan fisik kucing. Penyakit mata Pada Kucing disebabkan oleh beberapa faktor,diantaraya yaitu:

Penyebab Kucing Sakit Mata dan Cara Mengatasinya

Ada Banyak Masalah Terkait anak kucing sakit mata bengkak, kucing sakit mata sebelah,kucing sakit mata dan selsema,kucing sakit mata berselaput,mata kucing bernanah,mata kucing berair sebelah,tanda kucing sakit mata dan kucing sakit mata merah. Semuanya Memiliki Ciri dan Tanda Tanda Yang Berbeda. Nah Yuk Simak Penjelasanya dibawah ini




1.Tumor Mata Kucing

Kalau Sampai Hewan peliharaan kamu terkena tumor maka sudah dipastikan sakitnya cukup parah. Umumnya Penyebab Tumor pada kucing adalah makanan yang kurang sehat misalnya Induk yang sering makan Tikus yang banyak kuman. Walaupun Tidak semua tikus menyebabkan tumor namun alangkah baiknya hindari kucing kamu untuk makan itu kecuali kalau meong kamu masuk dalam kategori kucing Liar.

Cara Mengobati Tumor :

Untuk Menyembuhkan Tumor pada kucing maka solusinya hanya Operasi. Pembedahan akan mengangkat tumor dan menghilangkan secara permanen. Untuk Pencegahanya pastikan untuk memberikan makanan Kucing yang sehat dan bisa mencoba vaksinasi




2. Over Produksi

Over produksi adalah produksi air mata yang berlebihan.Pakar kesehatan berpendapat bahwa hewan yang memproduksi air mata berlebihan adalah hal yang umum atau wajar. Hal ini bisa terjadi karena bulu mata yang berdekatan dengan bola mata pada kucing.Anda dapat mengatasinya dengan cara memberikan obat tetes mata 2 kali sehari.

3. Nasolacrimal Occlusion

Nasolacrimal Occlusion - 5 Ciri Penyebab Kucing Sakit Mata dan Cara Mengobati Dengan Cepat Secara Alami

Penyakit mata Nasolacrimal occlusion disebabkan oleh penyumbatan sistem pengeringan air mata pada kucing,yang bisa juga disebut dengan sekresi normal yang biasanya bertugas untuk memberi pelumas pada air mata kucing tidak dapat berjalan dengan baik.Hal tersebut yang akhirnya membuat air mata kucing keluar dengan tidak wajar. Kelopak mata yang sakit atau cacat anatomi juga bisa membuat jaringan mata kucing menjadi tersumbat.

Pengobatan :

Jika kucing anda terkena penyakit ini,anda dapat mengobatinya dengan memberikan tetes mata 3 kali sehari. Gunakan Obat Tetes Mata Khusus Kucing untuk mendapatkan hasil yang cepat dan ampuh

4. Painful Eye Pada Kucing

Penyebab Penyakit Kucing ini adalah Kornea yang cidera Semisal Glukoma dan Uveitis. Kucing yang terkena penyakit ini maka Akan terus mengeluarkan Air bahkan akan tampak ngantuk karena mata tertutup sisa cairan. Mata meong yang kena cidera ini akan sangat sensitif terhadap cahaya.

Umumnya Penyakit ini akan cepat menjadi Semakin parah karena meong pasti akan meggaruk garuk sendiri dan rawan terkena infeksi

5. Feline Herpesvirus

Penyakit Feline herpesvirus (FHV-1) adalah penyakit mata yang disebabkan oleh Rhinotrachetis yang menyerang tubuh kucing hingga menghasilkan feline herpes virus.Kucing yang terkena penyakit ini biasanya kucing yang menginjak umur 8 bulan.Virus ini terbilang virus yang unik karena virus ini tiba-tiba menghilang,lalu akan muncul kembali beberapa tahun kemudian jika kekebalan kucing sedang rendah.

Feline herpesvirus - 5 Ciri Penyebab Kucing Sakit Mata dan Cara Mengobati Dengan Cepat Secara Alami

Penyakit yang biasa menyerang kucing muda ini ditandai dengan adanya gejala pernafasan sesak nafas,flu lalu menjadi ulkus oral dan akan ada perubahan pada kedua mata yang memiliki debit cukup jernih dan berawan.Tapi gejalanya akan berbeda ketika menyerang kucing dewasa. Kucing dewasa yang terkena penyakit ini biasanya tidak disertai dengan gejala pernafasan dan hanya satu mata saja yang akan sakit.

Cara Mengobati :

Jika kucing anda terkena penyakit seperti ini,anda dapat mengobatinya dengan cara memberikan salep Atopi yang dicampur dengan antibiotik serta obat anti virus.

6. Penyakit Kucing Sakit Mata Konjungtivitas

Penyakit mata Konjungtivitas ditandai dengan mata kucing yang berair,memerah dan akan mengalami bengkak yang berbarengan dengan debit.Menurut beberapa informasi,penyakit ini menyerang mata kucing kaena faktor lingkungan dan virus.

Konjungtivitas Ringan Konjungtivitis - 5 Ciri Penyebab Kucing Sakit Mata dan Cara Mengobati Dengan Cepat Secara Alami

Konjungtivitas Ringan ( Konjungtivitis Cat )

Faktor lingkungan biasanya disebabkan oleh rumput,debu jalanan,dan serbuk saru pada bunga.Sedangkan untuk virus,biasanya disebabkan oleh virus seperti veline chylamydophila.Virus ini cukup membahayakan dan juga mematikan.Jika dibiarkan akan membuat kebutaan pada kucing.Sehingga perawatan dan pengobatan penyakit ini sangatlah diperlukan.Jika penyakit konjungtivitas disebabkan oleh faktor lingkungan anda bis menggunakan obat tetes dan juga salep untuk mata kucing.Tapi jika penyakit konjungtivitas disebabkan oleh virus,anda dapat memberinya antibiotik yang dicampur dengan salep mata.

Selain itu,anda dapat menggunakan obat tetes setiap 2-3 jam sekali dan menggunakan salep mata serta ditambahkan dengan antibiotik.Gunakanlah 3 kali sehari secara bertahap pada jeda waktu 4 jam sekali.

7. Cacing Mata

Thelazia californiensis atau cacing putih pada mata adalah penyebabnya yang bersarang di bagian mata.Penyakit ini tidak hanya menyerang pada kucing saja,namun dapat menyerang anjing,kambing,sapi dan hamster juga dapat terkena penyakit ini.Penyakit cacing mata ditandai dengan munculnya air mata yang berlebihan dan pada bagian durtuk lakrimalis akan nampak cacing putih jika benar-benar dilihat dengan teliti.Mata kucing juga akan sangat sensitif pada cahaya dan bisa berkembang menjadi konjungtivitas.

Menurut pendapat para dokter hewan,proses siklus cacing thelazia yang sudah dewasa akan mengakibatkan munculnya telur thelazia di mata kucing dan akan berkembang menjadi larva.

Larva yang sudah mendiami bagian mata kucing dapat dimakan oleh lalat.Hal tersebut akan membuat kondisi kucing akan semakin parah.Jika larva sudah dimakan oleh lalat akan berakibat larva yang sudah ada di mata kucing akan berkembang dalam waktu 30 hari.Sebaiknya anda benar-benar memperhatikan kucing anda agar tidak ada lalat yang akan menyerang matanya.

Cara Mengobati :

Anda dapat melakukan pengobatan yang tepat dengan cara menggunakan antelmintika lewat suntikan dengan dosis 0,2 mg dan berikanlah setiap 2 minggu sekali.

8. Mata Kucing Berbentuk Cekung

Penyebab dari masalah ini adalah adanya glukoma pada mata si Meong. Jika dibiarkan maka glukoma ini akan memicu munculnya tumor dan bisa menyebabkan Dehidrasi.

Cara Mengobati :

Umumnya kucing yang mengalami masalah ini akan semakin kurus dan menjalar menjadi penyakit mata akut. Solusi Untuk masalah ini adalah dengan memastikan asupan air di dalam tubuhnya terpenuhi dengan baik. Berikan Minuman Terus pada Kucing dan tambahkan Beberapa Vitamin Atau Minyak Ikan Untuk Kucing jika memang diperlukan ( Konsultasikan dengan Dokter anda Dulu )

9. Asimetris ( Mata Kucing Kecil Sebelah )

Penyebab masalah ini bisanya Bakteri Chlamydia. Kalau Diteruskan dan tidak ditangani maka mata akan menonjol keluar bahkan bisa semua Mata Lo. Ngeri kan ?

Solusi Pengobatan :

Untuk menangani masalah ini cukup beri kucing Obat Antibiotik, Eyedrops dan Obat Anflamasi ( bengkak ) Selama Kurang lebih 3 hari. Jangan Lupa Untuk memberi minum air putih yang banyak

10. Mata Kucing Belekan

Mata Kucing Belekan dan tidak mau makan biasanya menjadi masalah yang umum ditemui para pecinta kucing di Dunia. Kalau diteruskan bisa saja Mata anak Kucing tertutup sebelah dan bisa jadi semakin parah. Awal masalah ini biasanya dikarenakan debu yang tidak bersih lalu mata semakin pedas dan berair cukup banyak. Semakin lama Mata akan berwarna merah dan mengeluarkan Kopok mata dan semakin menebal

Cara Mengatasi :

  • Ambil Kapas lebut dan celupkan ke air, gunakan untuk membersihkan Area Kucing yang belekan
  • Gunakan Cairan Air daun sirih untuk mengobati Belekan pada kucing. Ambil beberapa daun Suruh kemudian di Masak sampai mendidih, Jangan lupa saring air rebusan tersebut dan teteskan ke mata si Meong.
  • Kalau Pengin Pakai Obat Teramicin maka tinggal pergi ke apotik atau petshop dan gunakan sesuai panduanya

Cara Mengobati Sakit Mata Kucing Tanpa Ke Dokter seolah merupakan Hal yang susah padahal sangat mudah kok. Hewan yang memiliki suara mengeong ini adalah hewan peliharaan favorit beberapa orang.Kucing memang terlihat sangat lucu dan menggemaskan serta sangat suka bermain.Tapi ada beberapa penyakit yang terkadang menyerang kucing kesayangan anda salah satunya yaitu sakit mata.

Sakit pada bagian mata biasanya disebabkan oleh kotoran yang hinggap di mata kucing.Kotoran di mata kucing yang tak kunjung dibersihkan akan mengeras dan berubah warna menjadi hitam.Kotoran yang mengerak berwarna kehitaman tersebut dapat menjadi sarang bakteri di sekitar mata dan akhirnya membuat kucing menjadi belekan dan matanya mengalir terus menerus.Jika hal tersebut terus dibiarkan akan membuat kucing sakit mata.

Cara Mengobati Sakit Mata Kucing Sendiri Dirumah Tanpa Ke Dokter

Berkaitan dengan kasus tersebut,kali ini saya akan membahas tentang cara untuk menangani dan mengobati kucing yang terkena sakit mata sehingga anda dapat menghemat pengeluaran anda untuk tidak perlu pergi ke dokter.Cara untuk mengobati sakit mata pada kucing yaitu:

Cara Mengobati Sakit Mata Kucing Sendiri Dirumah Tanpa Ke Dokter Yang Ampuh Secara Alami Tradisional

1. Bersihkan Mata Kucing

Jika mata kucing anda terlihat ada belek maka langsung saja di bersihkan dan tetap perhatikan kucing anda.Gunakan kapas untuk membersihkan area mata agar tidak terjadi infeksi.Ini adalah langkah sederhana untuk mencegah sakit mata pada kucing anda.

2. Masukkan Kucing Ke Kandang

Cara selanjutnya yaitu dengan memisahkan kandang antara kucing yang sehat dengan kucing yang sakit mata karena dikhawatirkan akan menular ke kucing yang sehat.Namun jika anda hanya memiliki satu ekor kucing,selama matanya sakit,lebih baik tetap taruh didalam kandang dengan perhatian khusus dan jagalah kebersihan kandang agar mata kucing anda cepat pulih.Jika kucing tetap dibiarkan berkeliaran akan membuat sakit matanya semakin parah.

3. Berilah Obat

Jika mata kucing anda sudah tertutup dengan belek,segeralah diberikan obat pada mata kucing anda.Obat yang bisa anda gunakan yaitu daun sirih karena obat ini alami dan tidak menimbulka efek samping apapun.Penyakit pada mata disebabkan oleh virus jadi harus ditangani dengan pemberian antibiotik.Daun sirih adalah tanaman yang mengandung antibiotik yang sangat baik untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Sebelum menggunakan daun sirih,sebaiknya mata kucing anda dibersihkan terlebih dulu menggunakan kapas dengan halus dan hati-hati tentunya.Lalu siapkan daun sirih dan di cuci bersih.Rebuslah daun sirih tersebut dengan air sampai mendidih.Air rebusan tersebut lalu di teteskan pada mata kucing yang belekan.Anda juga dapat menggunakan obat Teramicin yang memang khusus untuk mengobati kucing yang belekan.Obat Teramicin dapat di beli di apotik terdekat.Jika sakit mata pada kucing sudah diobati baik menggunakan daun sirih atau teramicin,selanjutnya anda hanya tinggal menunggu penyembuhannya saja.Namun jika kucing anda tidak kunjung sembuh,sebaiknya cepat di bawa ke dokter.

Semoga informasi tentang Cara Mengobati Sakit Mata Kucing Tanpa Kedokter dapat membantu mengatasi masalah hewan peliharaan anda.




Nabrak kucing,Cara Mengubur kucing,Anak kucing semingu mati kenapa?,makanan kucing penebal bulu,cara mengatasi gatal gatal pada kucing persia,cara agar anak kucing kampung dan persia hasil bagus,kucing persia tuxedo,Obat alami kucing sakit tidak bisa bab,cara buat makan kucing,harga kucing siberia,caption fakta or mitos,cara menghilangkan bekas cakaran kucing di muka,harga kucing anggora,bulu lebat,tanda tanda kucing mati,morfologi kucing,kitten kurus,makanan kucing untuk melebatkan bulu,warna kucing british,Cara mengobati kucing sakit distemper, Gemuk, Cara Mengatasi, Jenis, Campuran, Terkeren, Ras Kucing, Cara Merawat, persia, Anggora, Anak Kucing, Kitten, Harga,Video,Lucu, Melahirkan,Imut, Menggemaskan, Terbaru,kampung, Grooming, petshop, Toko Hewan, Dokter, Jenis, 2020,2018,2019